Kamis, 30 Maret 2017

Perbedaan Lovebird Biru Mangsi, Violet, Dan Cobalt Beserta Harganya

Abdullah Yatmono

Harga lovebird biru mangsi, kobal, dan violet - Bagi pemula yang belum lama mengenal lovebird, mungkin belum bisa membedakan lovebird biru mangsi dengan cobalt (kobal) atau belum bisa membedakan lovebird biru mangsi dengan lovebird violet. Bagi yang sudah master atau lebih tahu tentang lovebird pada minggir dulu yah, tidak perlu membaca artikel ini hehehe.

Untuk mengenali jenis ketiga lovebird tersebut, Kita harus tahu ciri-cirinya. Berikut selengkapnya bisa dilihat pada gambar.

Ciri-ciri lovebird biru mangsi memiliki warna sayap atau bagian tumbunya berwarna biru. Bagian dadanya rata-rata berwarna putih. Warna birunya pun tidak terlalu ngejreng seperti lovebird violet seperti gambar di bawah ini. Kemudian untuk bagian kepalanya ada yang hitam pekat dan gradasi hitam. Kalau yang warnanya hitam pekat bulat seperti gambar di atas namanya biru mangsi perso (personata). Sedangkan kalau tubuhnya biru mangsi tapi kepalanya gradasi hitam bisa dinamai birung mangsi standar. Namun ada juga yang mengatakan biru mangsi fischeri, dalam habasanya fischeri itu "cemong" alias bergradasi. Khusu warna paruhnya pasti berwarna putih.

Ciri-ciri lovebird cobalt (kobal)
Lovebird cobalt memiliki warna biru juga tapi warna birunya memudar. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar. Warna biru kobal ini cenderung seperti warna biru langit pada siang hari yang panas. Jadi birunya tidak kuat atau memudar. Jenis lovebird kobal juga ada yang kobal perso dan kobal FC (Ficheri). Harga lovebird cobalt di pasaran biasanya Rp450.000 sampai Rp550.000.


Ciri-ciri lovebird violet
Lovebird warna violet memiliki warna tubuh sayap atau bagia atas tubuhnya berwarna violet (warna birunya lebih tajam dan lebih bersinar). Jenis lovebird ini lebih mahal daripada lovebird biru mangsi dan kobal. Lovebird violet memiliki beberapa jenis seperti vio perso seperti gambar di atas, dan pastel violet (pas vio) seperti gambar di bawah ini. Saat ini dipasaran harga lovebird violet Rp800.000 sampai Rp900.000.
sebelah kiri lovebird pastel vio dan sebelah kana biru mangsi

lovebird pastel vio
Lovebird pas vio ini didominasi oleh warna putih. Bagian dada dan ekornya berwarna violet tapi agak memudar. Sedangkan warna bagian kepala dan sayapnya berwarna putih gradasi vio memudar. Harga lovebird pastel violet rata-rata Rp500.000 sampai Rp600.000

0 comments:

Posting Komentar