Senin, 13 Maret 2017

Perawatan Indukan Lovebird Tanpa Jemur

Abdullah Yatmono

Perawatan lovebird tanpa jemur – Bagi peternak lovebird, mungkin indukannya tidak pernah di jemur atau jarang di jemur. Ada pula yang ternak lovebirdnya di tempatkan di ruang kamar tidur karena memang tidak ada tempat lain untuk menaruh lovebird hehe. Seperti halnya manusia yang hidupnya selalu di dalam ruangan pasti tidak betah sama sekali. Lovebird ini kan asalnya dari benua Afrika yang notabene nya wilayah benua yang udaranya cukup panas dan terkadang gersang. Jadi apakah lovebird indukan kita butuh penjemuran? Coba di jawab dalam hati masing-masing yah.
Menurut saya pribadi indukan lovebird yang sudah menghasilkan pundi-pundi uang untuk kit harus dirawat dengan baik, jadi harus di jemur supaya bisa merasakan hangatnya sinar mentari di pagi hari. Kapan dilakukan penjemuran? Pada saat setelah kita mengambil anakannya umur 2 minggu. Setelah kita ambil anakannya, indukan lovebird di taruh di kandang besi yang bulat. Kemudian indukan kita mandikan dan di jemur dari jam 7 pagi sampai jam 9.

Untuk sementara waktu 3 hari, biarkan indukan berada di dalam kandang bulat dan setiap harinya kalau Anda ada waktu bisa dimandikan dan di jemur. Hal ini bertujuan agar indukan kembali segar setelah memelihara anaknya selama 2 minggu. Kemudian indukan dimasukkan ke dalam kadang ternak lagi. Kita berharap bisa bertelur lagi dan menghasilkan warna anakan yang bagus.

Sirkulasi udara tempat kandang
Perhatikan sirkulasi udara di tempat sekitar kadang. Kalau indukan berada di dalam rumah, sebaiknya atapnya terbuat dari bahan yang bisa ditembus sinar matahari sehingga ada cahaya dari matahari langsung di siang hari. Dekat atap juga harus ada lubang angin agar dalam ruangan kandang ternak lovebird tidak pengap. Sirkulasi udara ini sangat penting karena sangat mempengaruhi faktor kesehatan dari indukan lovebird. Jika ruangan pengap, maka akan mudah timburlnya penyakit seperti menyebarnya bakteri dan cacingan pada lovebird. Kalau kadang ternak yang jarang dibersihkan, pada kotorannya terkadang banyak terdapat belatung. Jadi seminggu sekali terampah atau alas kotoran lovebird diberishkan.
cara merawat indukan lovebird
Walaupun lovebird tanpa jemur atau sangat jarang di jemur, indukan akan tetap sehat. Berikan pakan yang berkualitas juga seperti EF (bahasa gaulnya Pakan Tambahan) seperti jagung, sawi putih, timun, kol, kwaci, dan kangkung. Baca juga cara meningkatkan birahi lovebird agar cepat kawin dan produksi.

0 comments:

Posting Komentar