Selasa, 28 Maret 2017

Penyebab Telur Lovebird Disembunyikan Oleh Induknya

Abdullah Yatmono

Kali ini saya akan membagikan informasi tentang penyebab telur lovebird yang disembunyikan oleh induknya. Dalam hal ternak burung lovebird pasti ada kendala seperti indukannya lepas, indukan mati, indukan macet bertelur dan sebagainya. Kita ambil sisi positifnya saja jika hambatan tersebut ada pada peternakan kita. Dari masalah tersebut kita jadi tahu kesalahan dan menjadi ilmu baru bagi kita yang bisa kita tularkan kepada teman sesama peternak lovebird yang masih pemula.

Sifat indukan lovebird berbeda-beda misalnya ada yang agresif dan kalem. Saya sendiri pernah memiliki indukan yang sangat nakal. Kalau tangan saya mau mengganti air minum atau makanan, pasti tangan saya akan di patuk. Tapi ada juga indukan yang kalem dan tetap tenang walau saya mengganti minum atau pakannya.
Ketika indukan sedang bertelur, maka indukan tersebut akan terlihat saling menjaga di sekitar sangkar karena takut ada predator lain seperti tikus atau kucing yang mengintainya. Kemudian kalau kita mau melihat ke dalam glodok untuk melihat jumlah telur atau mengecek telurnya sudah menetas ataukah belum biasanya indukan akan mematuk kita karen takut akan diambil telur atau anaknya.
Telur Lovebird Disembunyikan
Penyebab telur lovebird disembunyikan
Jika indukan tersebut sering mendapat gangguan atau ancaman dari luar dari predator dan seringnya kita melihat ke dalam glodok, maka indukan akan merasa takut dan stres. Perasaat takut dan stres tersebut akan membuat indukan melakukan tindakan di luar nalar kita. Misalnya indukan akan membuat telurnya, indukan akan menyembunyikan telurnya ke bagian bawah sarang, dan kalau yang sedang meloloh indukan akan membunuh anaknya.
Penyebab lain mungkin secara tidak sengaja telur terkubur oleh sarang yang terlalu tebal. Aktivitas bolak-balik ke dalam glodok oleh indukan membuat telurnya sedikit demi sedikit telurnya tersembunyi ke dalam sarang.
Tindakan pencegahan
Kita jangan sering membuka glodok karena tipikal masing-masing indukan berbeda-beda misalnya ada yang agresif, galak, dan tenang. Sebagai alternatif kita menggunakan glodok dari kaca saja agar kita mudah memeriksa ke dalam glodok dengan melihat dari luar kandang saja bisa.
Selanjutnya menjaga suasana kandang bebas dari predator seperti tikus dan kucing. Lovebird akan merasa ketakutan jika melihat tikus yang bersliweran dan takut dengan kucing.
Suasana lingkungan kandang juga berpengaruh misalnya sekitar kandang ramai sering terdengar musik atau orang yang berlalu lalang membuat lovebird tidak merasa tenang. Sirkulasi udara juga diperhatikan agar kandang tidak pengap sehingga tidak timbul bibit penyakit dari bakteri.
Pemberian pakan selain pakan standar milet putih dan canari seed juga diberikan pakan tambahan seperti jaung muda, kangkung, kol, atau sayur lainnya. Tambahan multivitamin seperti merek Ebod Jos juga sangat baik untuk kesehatan indukan lovebird Anda.
Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai penyebab telur lovebird disembunyikan oleh induknya dan tindakan pencegahannya. Semoga bisa bermanfaat untuk sahabat lovebird mania se nusantara.

0 comments:

Posting Komentar