Jumat, 10 Maret 2017

Manfaat Tulang Sotong Untuk Lovebird Lomba

Abdullah Yatmono

Manfaattulang sotong atau asinan untuk lovebird lomba – Akhir-akhir ini para penangkar lovebird menambahkan asinan ke dalam pakan lovebird. sebenarnya asinan dari tulang sotong ini dulunya digunakan sebagai pakan tambahakn perkutut. Tulang sotong ditempatkan atau digantung di dalam kandang perkutut. Tujuannya tidak lain ialah perkutut lebih rajin bunyi (gacor).
Manfaat Tulang Sotong Untuk Lovebird Lomba
Demikian juga banyak peternak lovebird prospekan yang katanya ada perubahan setelah lovebirdnya diberi sotong atau asinan. Namun saya sendiri belum mencobanya hehehe (karena kesibukan). Tapi teman-teman saya sudah banyak yang mencoba dan memang sudah terbukti. Sotong ini kan sifatnya asin, nah asin ini akan menimbulkan lovebird sering bunyi. Kalau lovebirdnya masih PAUD maka bisa belajar berbunyi ngekek yang panjang. Apakah Anda mau mencobanya? Silahkan saja.
Cara memberikan tulang soton pada lovebird
Ada dua cara dalam memberikan asinan kulit sotong ini, yang pertama bisa dibuat bubuk dan yang kedua langsung dicantelkan di dalam kandang lovebird.

1. Membuat bubuk asinan sotong
Cara membuat bubuk asinan sotong ini sangatlah mudah. Caranya bisa menggunakan batu atau ditempat ulekan. Sotong duulek sampai terbentuk bubuk halus. Kemudian sotong di tempatkan dalam wadah tersendiri. Misalnya di samping wadah milet.
2. Sotong dicantelkan
Cara yang ini tidak perlu repot-repot karena sotong langsung saja dicantelkan di dalam kandang lovebird. untuk lebih mudah dicantelkan dengan kawat supaya sotong tidak mudah lepas atau jatuh dari cantelannya ketika lovebird berusaha menggigit sotong.
Harga totok atau tulang sotong ini per kilonya di Tegal 75.000. Bisa juga beli 1 ons atau 100 gram harganya 8000. 1 ons aja sudah dapat banyak banget lho. Kalau beli perbiji harganya 1000. Katanya satu tulang sotong ini tidak habis-habis dimakan lovebird dan bisa bertahan 3 bulan. Awet sekali yah.

0 comments:

Posting Komentar