Rabu, 22 Maret 2017

Jadwal Meloloh Anakan Lovebird Umur 0 Hari Sampai Bisa Makan Sendiri

Abdullah Yatmono

Meloloh anakan lovebird gampang-gampang susah. Karena kita harus konsisten dengan jadwal meloloh anakan lovebird. Mungkin bagi teman yang kerjanya tidak di kantoran bisa senggang. Nah seperti saya ini kalau pagi harus berangkat kerja dan pulangnya malam jadi tidak bisa full ngurus lovebird. Solusinya adalah kita menitipkan piyik lovebird pada istri atau keluarga yang ada di rumah. Kita traning keluarga agar bisa meloloh lovebird dan membuatkan jadwal melolohnya.
Jadwal Meloloh Anakan Lovebird Umur 0 Hari Sampai Bisa Makan Sendiri
Sebelum meloloh kita sediakan dahulu alat untuk meloloh atau yang biasa disebut dengan spet dan bubur khusus lolohan lovebird import seperti NutriBird A21. Anda juga bisa memakai merek pakan lolohan produk lokal seperti R-10 asli produk Semarang, Jawa Tengah.
waktu meloloh anakan lovebird
Jika lovebirdnya masih di bawah satu minggu, bubur lolohan sebaiknya encer saja. Umur 2 minggu sampai 3 minggu, bubur lolohannya sudah agak kental. Umur 4 minggu sampai 6 minggu diberikan pakan yang kental dan dikenalkan dengan milet, sayur kangkung, dan kenari seed. Pada umumnya, anakan lovebird yang berumur 2 bulan sudah bisa makan sendiri. Kalau diberi jagung pun sudah kuat mematuknya.
Jadwal meloloh anakan lovebird umur 1 hari sampai umur 5 minggu :
Ada peternak yang memang bisa full mengurusi lovebirdnya meloloh anakan setiap 3 jam sekali. Tapi volume lolohannya dikurangi. Bagi peternak yang waktunya terbatas seperti saya dulu, biasanya setiap 4 jam sekali waktu melolohnya. Bisa dimulai pagi hari sampai soren hari. Berikut saya buatkan jadwal melolohnya. 
Waktu
Waktu
Jam 6 pagi
Jam 7 pagi
Jam 10 pagi
Jam 11 pagi
Jam 2 siang
Jam 3 siang
Jam 6 sore
Jam 7 malam

Anda bisa memilih waktu kapan mulai anakan lovebird diloloh. Misalnya saya konsisten mulainya pada jam 6 pagi. Berarti saya harus meluangkan waktu pada jam-jam tersebut. Ada teman yang kerjanya di kantor juga, beliau membawa anakan lovebird ke kantornya dan bisa meloloh tepat waktu sesua jadwal yang kita buat. 
Jika lovebirdnya sudah berumur 6 – 8 minggu lovebird di loloh sehari tiga kali saja. Pada umur ini dilatih makan milet dan jagung muda. Biasanya milet ditaruh di alas kandang, anakan pun akan penasaran dan mematuknya. Sekian saja informasi jadwal meloloh anakan lovebird umur 0 hari sampai bisa makan sendiri. Buka terus blog petanisukses.com ini untuk update informasi seputar budidaya lovebird. semoga bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar