Jumat, 10 Maret 2017

Ciri Anakan Lovebird Prospek Lomba

Abdullah Yatmono

Karena banyak yang tanya bagaimana cara memilih lovebird bakalan untuk lomba, maka saya akan mencoba berbagi tips untuk mengenali ciri anakan lovebird prospek lomba. Kalau kita inden atau pesan kepada peternak yang spesialis menangkarkan lovebird lomba harganya mahal. Misalnya anakan lovebird yang baru belajar makan sendiri harganya minimal 500.000. Mungkin harga tersebut ada yang bilang mahal atau ada yang bilang murah bagi yang berduit hehe.
Ciri Anakan Lovebird Prospek Lomba
Dalam peternakan, lovebird yang rajin ngekek juga bisa dihasilkan dari indukan yang ngekeknya standar atau biasa-biasa saja. Saya memiliki teman yang punya lovebird ngekek panjang dari indukan lovebird yang ngekeknya biasa saja. Bisa juga bergantung hoki pemiliknya dan bisa juga memang lovebird tersebut memiliki trah ngekek panjang. Kemudian di Jogya ada lovebird yang bernama Sinden yang telah menjuarai piala Raja keluar dengan juara III. Lovebird Sinden ini dari indukan ngekek standar. Saya lupa nama pemilik lovebird Sinden ini hehe.

Cara mengenal anakan lovebird prospek ngekek panjang
Untuk mengenali ciri anakan lovebird prospek lomba ini paling mudah pada pagi hari. Caranya ketika digantang satu kandang satu lovebird. usahakan lovebird yang kita cari bakalannya usia 2 bulan sampai 4 bulan. Misalnya ada 4 atau 6 lovebird yang masih muda digantang. Kemudian ditunggu beberapa saat, biasanya lovebird akan mulai ngekek saling bersahutan dengan lovebird lainnya. Atau Anda bisa memutar suara MP3 lovebird ngekek panjang. Sekarang tugas Anda memperhatikan respon dari lovebird muda tersebut. Kalau terlihat mulai aktif ngekek walaupun ngekeknya itu sebentar-sebentar saja berarti lovebird itu sudah bisa dikatakan PROSPEK LOMBA. Akan tetapi kalau lovebird tersebut tidak ngekek atau tidak memberikan respon ngekek sama sekali, berarti lovebird tersebut TIDAK PROSPEK sama sekali.
Ada satu lagi caranya dari teman saya. Katanya kalau anakan yang prospek ngekek kalau kandangnya di gedek lovebird tersebut akan berbunyi. Biasanya lovebird akan takut kalau kadangnya di gedek tapi yang ini tidak.

Kalau di tempat saya di Tegal sering kali diadakan LATBER LOVEBIRD PAUD (latihan bersama) pada hari minggu atau hari jumat pagi yang tempatnya sesuai kesepakatan. Dari latihan tersebut kadang membuahkan hasil yang maksimal. Bisa bertemu dengan teman-teman yang sehobi dan bertukar informasi tentang lovebird. Biasanya kalau lovebird PAUD kita sudah mulai aktif ngekek ada yang mau membayar yang cukup mahal.
Memang kalau ada acara tersebut banyak orang yang mencari anakan lovebird yang prospek lomba. Mereka seringnya memilih lovebird yang usianya baru 3 bulan atau 4 bulan. Untuk menyeting lovebird supaya ngekek panjang terkadang susah. Kalau kita sibuk bekerja pasti akan lebih susah karena supaya ngekek panjang butuh perhatian khusus seperti rajin memandikan dan pemasteran lovebird. Bagi yang wirausaha sendiri pasti mempunyai banyak waktu. Saya pribadi sekarang sudah jarang main lovebird karena kesibukan di kantor lebih padat (edisi curcol).
Demikianlah tips untu mengetahui ciri anakan lovebird prospek lomba yang bisa Anda terapkan. Untuk memilih anakan lovebird di kandang ombyokan lebih susah karena lovebird kebanyakan diam semua. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar