Minggu, 05 Maret 2017

Catatan Penting Bagi Pemula Yang Mau Beternak Lovebird

Abdullah Yatmono

Teringat waktu awal saya beternak lovebird dulu. Dengan ilmu pengetahuan tentang lovebird yang sangat minim, akhirnya mencoba ternak sepasang lovebird hijau standar. Waktu itu belinya hanya 400 ribu saja karena orangnya lagi kepepet butuh uang. Jadi harganya lumayan murah. Bersyukurnya, indukan sedang bertelur. 28 hari kemudian eh telurnya sudah menetas tiga ekor. Tapi akhirnya anakan mati semua hehehe. Sangat menyesal dan merasa berdosa sekali tidak bisa merawatnya.
Catatan Penting Bagi Pemula Yang Mau Beternak Lovebird
indukan lovebird hijau standar dan pastel hijau
Sesuai dengan judul di atas, intinya saya akan memberika saran kepada Anda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai beternak lovebird. Jangan hanya tiru-tiru teman atau setelah baca kisah sukses peternak lovebird yang hasilnya sudah puluhan juta rupiah. Kita niatkan hati yang bersih terlebih dahulu. Memang tujuan kita beternak adalah mendapatkan pundu-pundi uang tapi tidak mudah membalikan telapak tangan. Ya jelas yah. Mau sukses kudu usaha keras. Kata para master yang sudah sukses ternak lovebird, mulailah dengan cinta kepada burung lovebird. bukan hanya sekedar mengambil keuntungan, namun karena hobi. Jadi kalau hobi ini kan tidak langsung duwitnya datang tapi bertahap.

Oke berikut tips dari saya selaku admin petanisukses.com semoga bisa bermanfaat. :P
1. Membeli seekor lovebird
Sebelum beternak, kenalilah lovebird terlebih dahulu. Saran saya yang pertama ini sebelum terjun ternak, minimal peliharalah seekor lovebird. Dengan memelihara seekor lovebird kita bisa tahu karakteristik burung tersebut. Tahu pakan dan cara perawatannya. Yang harus rajin itu mengganti minum setiap hari dan setiap 5 hari sekali atau maksimal seminggu sekali harus membersihkan kandangnya. Coba pelihara seekor lovebird warna apa saja selama satu bulan atau dua bulan sebelum menekuni bisnis ternak lovebirdnya.
Kalau dibilang sih adaptasi beternak lovebird. Anda membeli saja lovebird warna hijau standar yang saat ini hanya 200 ribu saja. Kemudian beli sangkar besi 110 ribu. Jadi modal awal 310 ribu.  Itung-itung membuat rumah jadi ramai lah. Jangan sampai kita memelihara lovebird ternyata tidak terawat dan akhirnya mati.

2. Membeli indukan warna stadar
Terkadang membeli indukan yang benar-benar asli indukan itu susah. Apalagi kalau membeli di pasar, bisa saja penjualnya membodohi pemula atau berbohong. Misalnya, lovebird masih PAUD dibilang sudah siapan produk dan sebagainya. Untuk menghindari hal demikian, sebaiknya bergabung di grup peternak lovebird. Saya sendiri bergabung di grup peternak lovebird yang ada di facebook. Anda bisa membeli indukan dari peternak. Insyaallah mereka tidak akan membodohi Anda. Membeli sepasang lovebird untuk yang pertama kali sebaiknya yang murahan saya seperti saya dulu. Soalnya kalau indukan mati atau ada yang lepas tidak terasa sakit hati yang mendalam hehe. Terkadang juga indukan yang kegemukan bisa macet produksi.
Nah setelah indukan yang kita beli sudah produksi dan telurnya menetas. Dua minggu anakan lovebird baru kita ambil dari glodok dan kita yang meloloh. Untuk meloloh lovebird harus benar-benar meluangkan waktu. Kalau terlambat meloloh bisa saja piyikan lovebird akan mati.
Berhubung besok mau kerja dan sekarang sudah ngantuk banget, jadi segini dulu informasinya.
BERSAMBUNG

0 comments:

Posting Komentar