Rabu, 15 Maret 2017

Cara Perawatan Lovebird Terkena Snot (Penyakit Mata) Sampai Sembuh

Abdullah Yatmono

70 persen dari lovebird yang terkena snot atau penyakit mata akan meninggal. Terkadang kita sebagai pemiliknya kurang jeli dalam melihat kesehatan lovebirdnya. Karena kesibukan kita bekerja jadi kita tidak teliti melihat gejala-gejalan snot pada lovebird. Kali ini saya akan memberikan informasi bagaimana  cara mengobati Snot (penyakit mata) pada lovebird. Untuk penanganannya kita bisa menggunakan obat tradisional dan obat kimia.
cara mengobati snot pada lovebird
macam-macam merek obat snot lovebird
Sebagai obat tradisional ada air rebusan daun sirih kemudian kalau obat kimianya ada beberapa merek seperti BBS (Bye-Bye Snot), RDF, dan Bio-Snot dari Ebod. Ketiga merek tersebut menurut saya sama bagusnya. Anda bisa membelinya di toko-toko burung di pasar tempat tinggal Anda. Oya biasanya para peternak sudah menyediakan obat sebagai salah satu cara pencegahan lovebirdnya untuk tetap sehat dan bebas Snot. Jadi Anda sebaiknya menyediakan obat Snot jika ternak lovebirdnya sudah banyak.

Penyebab lovebird terkena snot adalah bakteri atau penyakit yang menyerang sekitar kepala dan mata lovebird. Mata yang terkena bisa sebelahnya atau bahkan kedua-duanya. Lovebird yang terkena snot akan kabur pandangannya. Untuk snot yang masih ringan biasanya agak bengkak dan kemerahan pada sekitar kelopak matanya. Setelah sudah kronis atau cukup lama, mata lovebird akan berair dan seperti ada daging tumbuh di sekitar kelopaknya.

Apakah Snot lovebird menular?
Jawaban saya iya! Snot ini dari bakteri. Lovebird yang terkena snot biasanya menggesek-gesekan kepala dan patanya pada tangkringan dan juga pada tubuhnya. Setelah digesekkan di tangkringan bisa jadi akan menular pada lovebird yang lain jika dalam kandang koloni. Lovebird yang terkena snot selama 3 minggu biasanya akan berakhir dengan kematian.
Cara Perawatan Lovebird Terkena Snot (Penyakit Mata) Sampai Sembuh
Ciri-ciri lovebird terkena snot ringan
1. Lovebird akan cenderung diam atau tidak aktif dari biasanya.
2. Pada sekitar bagian matanya terlihat bengkak atau membengkak walaupun bengkaknya itu sedikit.
3. Lovebird tidak nafsu makan.
4. Lovebird tidak rajin ngekek dari biasanya.
5. Kepala dan bagian matanya sering digesek-gesekkan pada tangkringan dan juga tubuh lovebird itu sendiri.
Jika Anda melihat ciri-ciri tersebut segera berikan obat tetes yang dibeli. Saya sangat menyarankan Anda untuk membeli obat tetes seperti merek Bio Snot, RDF dan BBS. Pilih salah satu saja yang tersedia di toko tersebut. Kalau saya pribadi tidak menjualnya hehe. Harganya cukup mahal yah ada yang 40.000 sampai 100.000. Cara menggunakannya adalah diteteskan pada paruh atau mulut lovebird. Obat tersebut bekerja dari untuk membasmi penyakit Snot lovebird.

Ciri-ciri lovebird terkena snot berat
1. Mata lovebird sudah berair dan sekitar kelopaknya sudah timbul seperti daging tumbuh.
2. Sudah tidak nafsu makan lagi. Anda bisa memaksanya untuk makan dengan cara membuka mulutnya. Atau di spet dengan bubur lolohan agar perutnya tetap terisi.
3. Dada lovebird akan nyilet. Dalam waktu 4 hari saja jika snotnya sudah parah akan nyilet.
4. Lovebird cenderung diam saja dan tidak berbunyi.
Jadi intinya jangan sampai lovebird anda terkena snotnya sudah stadium tinggi. Kalau lovebird Anda di rumah tidak aktif, coba segera diteliti pada seluruh tubuhnya. Terutama mata dahulu. Berikan obat-obatan sesuai takarannya.

Cara mencegah snot pada lovebird
Untuk pencegahan yang paling utama adalah menjaga kebersihan kandang. karena penyebab snot ini adalah bakteri jadi harus diperhatikan sekali pada kebersihan kandang, pakan, dan air minum. Saya sendiri alhamdulillah selama beternak lovebird belum ada yang terkena snot. Semoga jangan sampai terjadi. Aamiin.
Setiap 5 hari sekali atau maksimalnya 7 hari sekali kita membersihkan kandangnya, baik itu kandang kotak pada indukan atau kandang sangkar bulat untuk satu lovebird. Untuk air minumnya, saya berikan air minum matang atau air Aqua yang setiap hari selalu di ganti. Untuk pakan, kalau kangkungnya tidak habis hari berikutnya saya buang sisa kangkung tersebut. Kalau pakan jagung bisa bertahan dua hari. Setelah dua hari sisa jagung saya buang walaupun masih banyak karena jagung muda ini mudah basi dan baunya pun tidak sedap. Berikan juga vitamin lovebird seperti Ebod joss atau Vitatam yang bisa Anda cari di toko burung.
Demikianlah pemaparan seputar cara mengobati snot atau penyakit mata pada lovebird beserta pencegahannya. Semoga bisa bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar