Rabu, 15 Maret 2017

Cara Merawat Lovebird Umur 2 Bulan Sampai 3 Bulan Agar Ngekek Panjang

Abdullah Yatmono

Lovebird yang memiliki ngekek panjang tidak hanya dari faktor keturunan saja, melainkan usaha kerja keras dari pemiliknya yang senantiasa melatih dan merawatnya dengan baik. Berikut ini saya akan menyampaikan perawata lovebird umur 2 bulan sampai 3 bulan sebagai bakalan lomba.

Saat ini banyak orang yang sedang berusaha untuk beternak lovebird. Yang tadinya hobi motor atau hobi lain sekarang sudah pada berpindah ikut hobi memelihara burung lovebird. Alhamdulillah harga lovebird di Indonesia tidak terlalu merosot jauh karena harganya selalu dijaga dengan baik. Tidak seperti kenari yang saat ini harga anakannya saja Rp50.000.
Perawatan Lovebrid Usia 2 sampai 3 Bulan
lovebird warna cobalt umur 3 bulan setelah pengembunan

Peternak lovebird saat ini ada yang memilih beternak untuk menghasilkan warna anakan yang berkualitas dan yang menghasilkan lovebird ngekek panjang walaupun warnanya hijau standar. Seperti lovebirdnya om Ferry Yong dari Kurnia BF Banjarnegara Jawa Tengah walau warnanya hijau ngekeknya bisa sangat panjang dan pernah menjuarai tingkat nasional. Harganya pun sangat fantastis yakni sampai ratusan juta. Siapa yang tidak tertarik memelihara lovebird jika mendengar hal demikian?
cara merawat lovebird umur 2 bulan sampai 3 bulan
Perawatan lovebird supaya ngekek panjang sebenarnya tergolong mudah. Tapi ada kuncinya. Kuncinya apa? Anda harus RUTIN/RAJIN dalam memberikan perlakuan terhada lovebird yang kita siapkan untuk lomba kelak.  Bagi yang bekerja kantoran seperti saya sekarang ini sangatlah sulit. Setiap pagi hari sudah berangkat kerja dan pulang sore kadang malam baru pulang. Banyak yang sukses memelihara lovebird ini karena dengan kesungguhan dalam memeliharanya. Ya karena mereka benar-benar FULL TIME memeliharanya. Kalau kita sedang bekerja, mungkin bisa dititipkan di istri, namun kasian juga sama istri yah yang sudah susah payah merawat anak kita malah ditambahi merawat lovebird hehe.

Oke sudah cukup panjang opening dari artikel ini. Sebernarnya masih banyak hal yang mau saya tulis. Kembali lagi sesuai dengan judul di atas dalam perawatan lovebird umur 2 bulan sampai 3 bulan.

Sekilas lovebird umur 2 sampai 3 bulan
Pada usia 2 bulan, lovebird masih ada yang sedang belajar makan milet dan canary. Tapi ada juga yang sudah lancar makan milet dan jagung. Hal ini tergantung dari lovebird itu sendiri, ada yang tumbuh cepat dan ada yang tumbuhnya lambat seperti bayi ada yang umur sekian bulan sudah ada yang berjalan dan yang lain belum. Jadi wajar yah kalau pada usia 2 bulan ada yang belum bisa makan milet.
Dalam usia 2 bulan juga lovebird sedang dalam masa penyempurnaan tumbuhnya bulu-bulu diseluruh tubuhnya. Pada umur 2 bulan, sebaiknya jangan dimandikan basah kuyup nanti bisa masuk angin dan akhirnya… akhirnya bisa mati :P ini serius yah. Pernah ada teman saya yang mencoba melatih lovebirdnya yang baru belajar makan sendiri, alih-alih supaya ngekek panjang dimandikan basah kuyup terus selang 3 hari berikutnya mati.
Usia 2 bulan sampai 3 bulan, lovebird mulai bersuara. Paling 2, 3 detik saja. pemasteran pada lovebird usia ini juga sangat bagus karena lovebird bisa merekam atau belajar dari pengalaman mendengar suara burung lain. Kemudian lovebird tersebut akan berusaha menirunya dan baru berhasil pada usia 5 atau 6 bulan.
Lovebird yang umurnya 2 – 3 bulan juga masih dalam tahap penyempurnaan kerongkongannya sampai sekitar paruhnya. Demikian juga pada pita suaranya. Anggap saja kalau anak kecil teriakannya itu lemah sedangkan orang dewasa teriakannya itu keras. Jadi lovebird umur segitu suaranya pun masih kecil dan tidak sekeras lovebird dewasa umur 8 bulan sampai 1 tahun. Apakah Anda paham materi ini? hehe

Perlakuan lovebird umur 2 – 3 bulan supaya ngekek panjang
1. Pada pagi hari sekitar jam 7.30 karena matahari cukup panas, lovebird dikeluarkan dan letakkan di tanah sambil terkena sinar matahari. Sekarang kita lakukan pengembulan pada lovebird. tapi jangan sampai basah kuyup. Lovebird pasti akan merasa sangat senang dan akan terlihat menyulami bulu sayapnya.
2. Setelah pengembunan, lovebird di jemur sampai jam 8.30 di taruh di tanah atau disambil di gantang rendah saja. Jadi cukup satu jam saja karena lovebirdnya kan masih ringkih kalau masih 2 bulan.
3. Lovebird diangin-anginkan atau di tempatkan di atas teras rumah atau bisa di cantelkan dalam garasi.
4. Sekarang saatnya lakukan pemasteran. Anda bisa memutar suara lovebird ngeke panjang, suara kenari, suara tengkek buto, dan suara walang kecek. Usahakan variasi suaranya. Jadi bergantian setelah suara lovebird kemudian suara tengkek buto dan seterusnya.
5. Lakukan pemasteran 30 menit sampai 1 jam saja sudah cukup.
6. Sore harinya sekitar jam 5 sore, lovebird diberi kerodong dan buka pada pagi hari jam 6 pagi. Biarkan lovebird terkena udara pagi yang masih segar.
7. Dari segi pakan, berikan pakan yang standar saja. Cukup milet putih dan canary set 2 : 1. Berikan juga jagung muda seminggu dua kali, hari berikutnya diselingi dengan sawi putih atau kangkung.
Demikianlah perawatan lovebird umur 2 sampai 3 bulan. Caranya terlihat sederhana sekali bukan? Jika hal itu dilakukan setiap hari, maka akan sangat terasa efeknya. Mau coba, silahkan dibuktikan saja hehe. Semoga bermanfaat untuk saudaraku yang mencoba menambah jalan rizkinya dengan lovebird. Salam sukses….

0 comments:

Posting Komentar