Senin, 13 Maret 2017

Cara Merawat Anakan Lovebird Umur 2 Minggu

Abdullah Yatmono

Cara merawat anakan lovebird umur 2 minggu - Bagi peternak yang masih pemula pasti bingung kapan mulai meloloh anakan lovebird. Saran saya untuk meloloh anakan lovebird minimal umur 2 minggu. Anakan yang sudah berumur 2 minggu ini cukup besar dan mulai tumbuh bulu sisir pada sayapnya. Selain itu paruhnya juga sudah keras jadi lebih aman untuk kita loloh.
Cara Merawat Anakan Lovebird Umur 2 Minggu
Pakan untuk lolohan lovebird umur 2 minggu ini sebaiknya membeli pakan khusus lovebird yang sudah tersedia di toko-toko burung. Saya menjual pakan lolohan lovebird asli import dari Belgia, namanya NutriBird A21. Pakan ini sudah di racik untuk anakan umur 0 hari sampai bisa makan sendiri. Pakan ini juga sudah dipakai oleh ribuan peternak dan hasilnya sangat luar biasa. Dalam waktu dua minggu anakan sudah tumbuh besar. Selengkapnya bisa baca Pakan Lolohan Nutribird A21. Harga perkalengnya hanya Rp55.000 saja.
Sebelum ada pakan ini, para peternak menggunakan bubur SUN dan bubur Cerelac Nestle khusus bayi. Namun hasilnya kurang memuaskan. Terkadang ada piyikan lovebird yang mati. Kemungkinan besar menurut saya pribadi pakannya tidak cocok. Kalau bubur bayi tersebut memang rasanya sangat manis. Kalau diberikan pada anakan lovebird pasti tidak cocok, memang terkadang ada anakan yang masih bisa bertahan hidup itupun lolohan harus encer supaya tidak terlalu manis.
Jadwal meloloh anakan lovebird
Dalam satu hari, anakan yang berumur 2 minggu minimal 4 kali lolohan. Bisa jeda setiap 4 jam kemudian lolohan yang diberikan sampai penuh di temboloknya. Lolohan juga bisa diberikan setiap 3 jam sekali, namun lolohannya jangan sampai penuh di temboloknya. Nah kalau ada pertanyaan bagaimana kalo di temboloknya masih terlihat ada bubur lolohannya? Sebaiknya jangan diberikan dulu. Kita tunggu sampai pakan di temboloknya itu habis baru kita beri lolohan.
Agar lebih mudah melolohnya, Anda harus menggunakan spet yang terbuat dari karet pada ban sepeda ontel dan suntikan yang bisa dibeli di apotik.
Kandang anakan lovebird
Anakan yang baru berumur 2 minggu sebaiknya diletakan di inkubator. Cara membuat inkubator sederhana sangatlah mudah. Tinggal sediakan kardus dan lampu 5 watt. Anakan di tempatkan dalam kardus. Jangan lupa diberi alas kain atau tisu agar lebih hangat. Tempatkan juga lampu 5 watt yang jaraknya 30 cm dari lovebird.
Demikianlah informasi cara merawat anakan lovebird umur 2 minggu. Semoga anakan lovebirdnya bisa selamat sampai dewasa. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar