Rabu, 01 Maret 2017

Cara mengatasi telur lovebird tidak bisa keluar (Egg Binding)

Abdullah Yatmono

Kemarin ada pertanyaan masuk dari teman yang masih pemula. Ia memiliki masalah bahwa lovebird yang sedang bertelur tapi tidak bisa keluar. Masalah ini dikenal dengan nama egg binding dimana telur tidak bisa keluar dari indukan karena bermasalah pada saluran telurnya. Masalah tersebut bisa karena infeksi, lovebird kegemukkan, telurnya terjepit, dan telurnya yang ukurannya terlalu besar. Memang jarang dijumpai oleh peternak. Saya pribadi sampai saat ini belum pernah mengalami hal tersebut, alhamdulillah. Masalah egg binding terjadi pada semua jenis burung bahkan unggas seperti ayam dan bebek pun ada yang mengalaminya.
Cara mengatasi telur lovebird tidak bisa keluar (Egg Binding)
Cara mengatasi egg binding
Berdasarkan pengalaman teman saya yang burung lovebirdnya mengalami kesusahan untuk mengeluarkan telurnya bisa dilakukan terapi yang cukup mudah. Teman saya ini mengolesi minyak goreng pada bagian anus atau kloaka lovebird. Anda bisa menggunakan cotton bud (korekan kuping) yang telah diolesi minyak goreng atau minyak zaitun kemudian langsung dimasukkan ke dalam anus lovebird sampai terasa menyentuh telurnya. Cara ini dilakukan sampai 4 kali memasukkan minyak goreng ke dalam kloaka lovebird. Setelah itu lovebird bisa langsung dijemur selama 1 jam. Pada siang harinya dilihat ke dalam glodok, ternyata telurnya sudah bisa keluar dan ternyata ukuran telur yang susah keluar tadi ukurannya lebih besar dibandingkan telur lain yang sudah dikeluarkan.

Cara mencegah egg binding
1. Sebaiknya dalam menjodohkan lovebird umurnya yang sudah mapan. Misalnya umur 1 tahun lovebird baru dijodohkan. Alasannya adalah pada usia tersebut semua organ reproduksinya sudah matang atau telah siap.
2. Pemberikan pakan mungkin juga pengaruh. Saya yang belum pernah mengalami hal tersebut, saya biasa menyediakan pakan egg fooding (pakan tambahan) seperti jagung muda, kangkung, sawi putih, sawi hijau, kol, dan wortel. Jadi selain pakan utama ada milet putih dan canary ada pakan tambahan tersebut. Dalam satu minggu divariasi atau bergilir. Jangan lupa juga untuk mengganti minum lovebird setiap hari dengan air yang sudah matang.
Demikian informasi yang bisa saya sampaikan tentang cara mengatasi telur lovebird tidak bisa keluar. Semoga bisa bermanfaat bagi rekan yang masih belajar dalam beternak lovebird.

0 comments:

Posting Komentar