Selasa, 28 Maret 2017

Cara Melatih Pernafasan Lovebird Dengan Terapi Renang

Abdullah Yatmono

Salah satu cara melatih pernafasan lovebird agar ngekek panjang adalah dengan terapi renang pada lovebird. Langkah ini yang sedang populer di kalangan para master yang ingin mencetak lovebirdnya ngekek panjang. Ada kawan yang telah mempraktekannya terapi renang ini dalam sehari cukup 10 menit saja. hasilnya sangat luar biasa. Lovebird yang tadinya ngekek hanya 5 detik sekarang sudah bisa ngekek 30 detik lebih.
Cara Melatih Pernafasan Lovebird Dengan Terapi Renang
Terapi renang pada lovebird ini diilhami ketika melatih pernafasan ayam bangkok. Ayam bangkok bakalan aduan biasanya dilatih olah pernafasan dengan cara renang di kolam atau di sungai. Cara ini memang menghasilkan pernafasan ayam aduan menjadi lebih kuat. Ketika coba diadukan ayam bangkok tersebut menjadi lebih tangguh dan tahan pukul serta tidak mudah loyo.
melatih pernafasan lovebird ngekek panjang
setelah renang, lovebir dijemur sampai bulunya kering
Bermula dari hal itulah renang pada lovebird ini mulai terkenal di kalangan kicau mania. Lovebird yang akan dilatih berenang sebaiknya usianya sudah mencapai tiga tahun. Pada usia tersebut lovebird sudah tahan dingin dan tidak masuk angin seperti manusia hehehe. Memang hal tersebut terlihat seperti menyiksa tapi hasilnya nanti akan sangat bagus lho.
Sebelum memulai terapi renang lovebird, sediakan ember yang cukup tinggi. Takutnya memakai ember yang kecil lovebird akan lepas atau kabur. Nah kalau pas lepas sayang banget kan? Anda bisa memakai ember yang besar bekas cat tembok. Saya kita ember tersebut cukup tinggi sehingga lovebird tidak mudah kabur.

Cara melatih renang pada lovebird
1. Sebagai tahap awal, kenalkan air terlebih dahulu pada lovebird misalnya lovebird sering dimandikan tiap pagi.
2. Kita memulai melatih renang dengan cara memegangi lovebird dan celupkan pada air selama 2 menit. Biarkan kaki lovebird agar bergerak-gerak di air. Kemudian jangan sampai hidung dan paruh lovebird tenggelam.
3. Hari berikutnya juga masih memegangi lovebird selama 2 – 3 menit. Jadi semakin meningkat.
4. Lakukan hal tersebut sampai hari ke lima.
5. Setelah hari kelima, lovebird dicemplungkan ke dalam ember yang berisi airnya kira-kira sedalam satu jengkal saja. biarkan lovebird kelabakan di air selama 4 menit. Lama-kelamaan lovebird akan bisa berenang sendiri.
6. Lakukan langkah ke limat sampai hari ke 10.
7. Langkah berikutnya dengan menambah lama berenang menjadi 7 menit.
8. lima hari berikutnya renang lovebird ditambah semakin lama menjadi 10 menit
9. Lakukan terapi renang lovebird ini selama 10 menit setiap harinya dan lihat perkembangan pada lovebird Anda.
Pelatihan pernafasan pada lovebird ini dilakukan pada pagi hari. Setelah itu lovebird dijemur sampai bulunya kering semua. Nah bagaimana kalau waktu kita untuk melakukan hal tersebut tidak ada? Ya mungkin bisa dilakukan oleh pembantu atau istri kita di rumah hehe. Perawatan lovebird ini memang harus membutuhkan waktu yang full time mengurusnya. Oke demikianlah tips singkat cara melatih pernafasan lovebird dengan terapi renang. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar