Jumat, 17 Maret 2017

Cara Agar Lovebird Nagen dan Anteng di Tangkringan Saat Ngekek di Perlombaan

Abdullah Yatmono

Cara agar lovebird nagen di tangkringan - Sangat disayangkan ketika lovebird kita yang mengikuti lomba ternyata ngekek sambil gigit jeruji atau turun dari tangkringan. Hal itu bisa mengurangi point burung kita kalau di event lomba tersebut ada aturan kalau burung turun tangkringan ada pengurangan nilai. 
Cara Agar Lovebird Nagen dan Anteng di Tangkringan Saat Ngekek di Perlombaan
Dari kawan yang sering memenangi perlombaan, dia memiliki trik agar lovebird nagen di tangkringan selama ngekek ketika lomba. Nagen itu sendiri bahasa yang biasa dipakai oleh kalangan kicau mania yang artinya ketika ngekek lovebird selalu di tangkringannya. Dewan juri akan memberikan nilai tambah kalau lovebird ngekeknya di tangkringan. Hal itu memang akan terlihat indah.
Cara Agar Lovebird Nagen di tangkringan
Rahasia agar lovebird tetep nagen di tangkringan adalah sebelum mulai perlombaan kira-kira 15 menit tangkringan yang terbuat dari kayu disemprot dengan air sampai benar-benar basah. Hal ini akan memberikan efek nyaman pada lovebird yang sedang nangkring. Selanjutnya ada trik lain pada bagian alas kandangnya diberi potongan karpet merah atau hijau yang dilapisi dengan solasi putih. Tujuannya agar burung tidak mau terjun ke dasar sangkar.
Birahi lovebird juga diperhatikan. Pasalnya kalau birahi lovebird sedang tinggi, bisa saja lovebird kita akan terpengaruh lovebird lain sehingga ngekenya di jeruji sambil ingin keluar kandang. Anda pasti tahu pada waktu perlombaan ada lovebird jantan maupun betina yang digantang. Jika lovebird sedang birahi, maka akan mengganggu konsentrasi lovebird kita. Malahan lovebird kita bisa agresif banget. Untuk mengatasi hal  tersebut, 4 hari sebelum mengikuti perlombaan, burung rajin dimandikan pada waktu pagi dan sore hari cukup dengan pemgembunan kemudian diberi korodong. Pemberian pakan EF seperti kangkung dan jagung juga dihentikan dahulu. Jadi cukup diberikan milet putih dan sedikit canary sed saja.
Waaaah ternyata agak ribet juga yah? Emmm iya juga bagi yang jarang memiliki waktu mengurusi burung seperti saya heheh. Oya kemudian ada trik lagi supaya lovebirdnya tetap anteng di tangkringan. Anda bisa menambah tangkringan yang unik. Misalnya bentuk “T” di dalam kandang. Tempatkan tangkringan unik yang pendek tersebut pada bagian atas tangkringan utamanya. Paham apa tidak nih? 

0 comments:

Posting Komentar