Jumat, 03 Februari 2017

Racikan Pakan Lovebird Ternak Yang Sederhana dan Berkualitas

Abdullah Yatmono

Racikan pakan lovebird ternak – Selama saya beternak lovebird, saya hanya memberikan makanan standar lovebird seperti milet putih dan canary set. Kemudian saya menambahkan EF (Extra Fooding) seperti kangkung, jagung muda, dan sayuran lain seperti kol atau sawi putih. Alhamdulillah sampai saat ini ternak lovebird berjalan dengan lancar.
Jadi racikan sedehana untuk pakan ternak lovebird adalah sebagai berikut :
Racikan Pakan Lovebird Ternak Yang Sederhana dan Berkualitas
1. Campuran milet putih dengan canary set
Pada saat lovebird sedang tidak bertelur dan tidak sedang meloloh saya memberikan campuran milet putih dan canary set dengan perbandingan 2 : 1. Artinya milet putih 2 takar dan canary set 1 takar. Apabila indukan sedang meloloh anaknya, perbandingan pakan tersebut saya balik menjadi 1 : 2. Milet putih 1 takar dan canary 2 takar. Setiap dua hari pakan lovebird dikontrol apakah sudah habis atau belum. Kadang dalam satu wadah pakan yang bening selama 2 hari pakan sudah separo. Apalagi kalau indukan sedang meloloh, pakan akan cepat habis.
Lovebird biasanya suka mengupas canary dan milet. Sisa kupasan sering mengumpul di dalam wadah pakan. Untuk itu setiap hari bisa dibersihkan ketika kita memberikan minum sekaligus membersihkannya. Air minum sebaiknya dari air yang sudah matang sehingga bebas dari bakteri. Air minum juga setiap pagi harus diganti.
2. Pemberian makanan tambahan atau EF
Seperti yang telah saya uraikan di awal, saya hanya menggunakan contoh EF seperti jagung muda, sawi putih, kangkung, kol, dan tauge. Jika indukan sedang bertelur setiap hari diberikan jagung muda. Setelah burung mengerami, dalam seminggu diberikan jagung sekali saja yang berfungsi untuk menjaga kesehatan burung. Ketika lovebird meloloh anaknya, setiap hari diberikan jagung muda atau dua hari sekali jagung muda diganti karena jagung yang masih muda mudah basi kalau di kandang.
3. Batu bada di dalam kandang
Karena lovebird yang merupakan burung pada umumnya suka memakan pasir yang membantu mencerna makanan. Di dalam kandang ternak bisa ditaruh potongan bata. Biasanya para breeder meletakan separuh potong bata.
Oke demikianlah racikan pakan ternak lovebird yang sederhana. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat yang masih pemulas sedang ternak lovebird.

0 comments:

Posting Komentar