Jumat, 03 Februari 2017

Komposisi racikan pakan lovebird supaya ngekek panjang dan juara lomba

Abdullah Yatmono

Mecarik pakan lovebird  supaya juara lomba – Lovebird yang bisa ngekek panjang biasanya lovebird tersebut di loloh induknya sampai bisa makan sendiri. Informasi ini saya peroleh dari teman yang memiliki peternakan lovebird khusus trah juara. Teman saya juga menambahkan bawah lovebird yang alami di loloh induknya memiliki kekebalan tubuh yang tinggi sehingga tidak mudah terserang penyakit.
Komposisi racikan pakan lovebird supaya ngekek panjang dan juara lomba
Mendesain supaya lovebird bisa juara di ajang perlombaan perlu pembiasaan dari kecil. Selain perlakuan seperti setiap pagi dimandikan, kita melakukan pemasteran bakalan lomba dengan memutar MP3 lovebird yang ngekek panjang. Faktor pakan juga sangat mempengaruhi. Saya pribadi mendapatkan tips dari teman saya yang sering memenangi perlombaan tentang meracik pakan lovebird dari sejak kecil.
Kalau lovebird masih usia PAUD atau 2 bulan – 4 bulan, racikan khususnya adalah milet putih, canary set, dan beras merah yang perbandinganya 5 : 2 : 1. Kemudian ditambahkan jagung muda yang  memiliki karbohidrat dan protein yang tinggi. Adanya protein yang tinggi membuat stamina lovebird lebih terjaga. Tambahkan juga potongan kangkung seminggu dua kali. Misalnya hari minggu dan hari rabu lovebird diberikan kangkung. Pemberian kangkung juga terus dilakukan menjelang lomba. Tapi tetap seminggu dua kali yah. Kalau setiap hari lovebird bisa over birahi sehingga tidak mau ngekek panjang lagi.

Pemberian pakan seperti di atas dilakukan sampai umur lovebird dewasa. Ada sebagian teman yang mengandalkan pakan campuran yang bisa dibeli. Pakan tersebut biasanya kalengan dan harganya cukup mahal. Menurut saya pribadi pakan tersebut kurang alami dan lebih baik kita menggunakan pakan yang alami semenjak lovebird masih kecil hingga dewasa. Pemberian sawi putih juga saya lakukan setiap seminggu dua kali. Jadi setelah pemberian kangkung, besok paginya diberi sawi putih sedikit saja.
Demikianlah racikan pakan lovebird supaya juara. Saya tidak memiliki resep rahasia. Menurut hemat saya, perlakuan yang baik secara terus-menerus akan menghasilkan feed back yang baik juga bagi pemiliknya. Semoga bisa bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar