Selasa, 07 Februari 2017

Kapan Glodok Lovebird Harus Dibersihkan Setelah Dipakai?

Abdullah Yatmono

Kemarin ada pertanyaan yang masuk ke WA saya dari pengunjung online di blog ini. Pertanyaannya adalah kapan glodok harus dibersihkan setelah dipakai indukan untuk berproduksi? Apakah harus diganti setiap kali bertelur ataukah bagaimana?

cara membersihkan glodok lovebird

Berdasarkan pengalaman selama beternak lovebird saya akan mengganti sarang atau membersihkan lovebird setelah dipakai tiga kali produksi. Biasanya setelah dipakai tiga kali untuk menetaskan anaknya, glodok sudah hampir penuh oleh sarang sehingga glodok menjadi sempit. Selain itu sirkulasi udara di dalam glodok juga sangat minim karena sempitnya di dalam glodok.

Setelah dipakai tiga kali oleh indukan lovebird dalam berproduksi atau menetaskan piyikan. Glodok diambil kemudian dibersihkan sampai bersih. Bekas sarangnya pun dibuang saja. Biasanya dibekas sarang terdapat banyak kutu. Kemungkinan kutu ini juga akan mengganggu anakan lovebird jika dibiarkan terus. Bekas sarang lebih baik dibakar saja. Setelah itu glodok dijemur seharian di bawah sinar matahari dengan tujuan kuman yang ada di dalam glodok bisa mati.
Sebaiknya jika lovebird sudah bereproduksi tiga kali, lovebird diistirahatkan dari produksinya.Caranya sangat gampang. Sepasang indukan lovebird di tempatkan pada kandang bulat dan jangan diletakan glodok di dalamnya. Cara ini bertujuan agar lovebird tidak diforsir untuk berproduksi terus dan hasil anakannya akan selalu berkualitas.

Jika ada pertanyaan lain yang berkaitan dengan ternak lovebird, bisa hubungi saya pada menu “kontak” di atas. Nomor Hp atau WA saya ada di postingan Jual Pakan Lovebird Import. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda. 

0 comments:

Posting Komentar