Minggu, 26 Februari 2017

Cara Merawat Piyik Lovebird Umur 2 Minggu

Abdullah Yatmono

Cara merawat piyik lovebird umur 2 minggu gampang-gampang susah. Kalau lagi tidak mujur, piyik bisa mati karena kurang telaten dalam merawat. Dulu waktu masih kerjaan tidak begitu sibuk, tiap tiga jam sekali saya beri makan dengan memakai spet. Namun sekarang sudah sibuk susah untuk mengatur waktu. Untuk saat ini sudah ada jasa memberi makan piyikan lovebird minimal umur 2 mingg. Jadi saya tidak perlu khawatir lagi tentang kesehatan piyikan karena sudah ada yang memeliharanya.
cara merawat piyik lovebird umur 2 minggu
indukan dan piyiknya
Untuk biaya jasa penitipan lovebird dari umur 2 minggu sampai bisa makan sendiri hanya Rp75.000 per ekornya. Pakan yang menyediakan kita sendiri. Kalau pakan disediakan dari jasanya tersebut, kita tinggal menambah atau mengganti uang pakan. Jaman sekarang sudah serba ada. Saya kadang tertawa sendiri, sekarang sudah ada jasa penitipan piyikan lovebird seperti halnya penitipan anak saja.
Oke kembali ke judul di atas, kemarin ada pertanyaan masuk ke Whatsapp saya. Kalau Anda belum punya nomor saya bisa dilihat di Menu KONTAK di atas. Kalau ada waktu pasti saya jawab, insyaAllah. Pertanyaan hanya seputar lovebird saja yah.
Jadi dalam merawat piyikan umur 2 minggu ini kita bisa memberi pakan dari bubur bayi. Teman-teman saya biasanya memakai bubur merek SUN atau Cerelak Nestle. Terserah yang rasa kacang hijau atau rasa beras merah. Yang penting jangan dimakan si pemilik burungnya kalau lagi lapar yah heheheh. Atau mungkin dimakan bareng dengan piyik lovebir. Hemmm romantis sekali.

Kalau saya sekarang memakai bubur khusus lovebird dari Nutribird A21 atau Bo.ge.na. kedua merek tersebut import langsung dari Belgia. Hasilnya sangat bagus menurut saya. Piyikan juga pada hidup dan sehat. Kalau piyikan hidup sebenarnya rejeki masing-masing, jadi saya tidak menjamin hehehe. Tapi setidaknya kita manusia ada usaha untuk memberikan pakan yang terbaik.
Cara memberi pakannya dengan menggunakan spet. Anda bisa membuatnya sendiri dengan membeli karet lubang pengisi ban sepeda atau membeli alat spet yang sudah jadi harganya Rp100.000. bentuk alatnya memang bagus dan awet sekali. Dalam sehari kita bisa memberi pakan 4 kali. Waktunya bisa dari jam 6, jam 10, jam 2 dan jam 5 sore. Jadi bisa dikatakan setiap 4 jam sekali. Kadang kalaus sempet sampai 5 kali karena ditambah makan malanya jam 7 atau jam 8 malam.
Di dalam kandang jangan lupa disediakan lampu penghangat. Saya biasa memakai lampu ukuran 5 watt. Pakai lampu bohlam yah, jangan pakai lampu jari hehe. Jarak lampu dengan burung cukup 30 cm saja. lampu bisa mulai dinyalakan pada waktu sore hari jam 5 dan dimatikan pada pukul 7. Kalau ada waktu, bisa menjemur piyikan lovebird pada jam 7 atau jam 8 pagi. Cukup setengah jam saja menjemurnya. Karena kita tahu bahwa sinar matahari pagi sangat bagus bagi pertumbuhan hewan seperti halnya anakan lovebird.
Sekian iformasi tentang cara merawat piyikan lovebird umur 2 minggu. Semoga bermanfaat untuk kawan-kawanku di rumah. Kalau bermanfaat minta tolong di share di facebook atau twitter yah. Salam ngekek ekekekekekkkk…

0 comments:

Posting Komentar