Selasa, 21 Februari 2017

Cara menjodohkan perkutut lokal dengan lokal

Abdullah Yatmono

Cara menjodohkan perkutut lokal – Saat ini burung perkutut banyak diminati lagi oleh berbagai kalangan. Ada yang hanya sekedar iseng memelihara atau ada yang memelihara karena burung ini memiliki kekuatan yang bisa mencegah pemiliknya dari serangan gaib seperti guna-guna. Nah sebaiknya jangan percaya hal tersebut yah. Karena kita sakit itu atas kehendak Allah Subhanahu wata’ala.
cara menjodohkan perkutut lokal dengan lokal
Setelah memelihara lovebird, saya mencoba untuk beternak burung perkutut lokal. Baru beli sekitar bulan Januari 2017 jadi masih baru memelihara 1 bulan. Waktu itu saya beli harganya sepasang Rp50.000 saja. belinya pun di ombyokan dan katanya sudah berumur 7 bulan dari hasil penangkaran. Dari master yang telah sukses ternak perkutut, katanya ternaknya lebih mudah dibandingkan dengan ternak lovebird. Dari segi pakan, perkutut sangat hemat dan hal ini saya mengalaminya sendiri. Pada waktu pertama beli, saya membeli pakan campuran khusus perkutu Rp10.000. Sekarang sudah satu bulan lebih pakan tidak habis sampai separo. Kurang lebih hanya memakan biaya Rp3000. Sangat murah sekali bukan? Selain itu kotoran perkutut tidak bau sama sekali.

Jika Anda ingin beternak perkutut lokal, maka pilihlah perkutut yang usianya minimal sudah mencapai 7 bulan atau 8 bulan. Kalau burung perkutut usia tersebut sudah bisa berjodoh dan siap produksi. Tidak seperti burung lovebird, untuk menjodohkannya minimal usianya 9 bulan. Kemudian pastikan pilih perkutut yang jenis kelaminnya jantan dan betina.
Cara menjodohkan perkutut lokal
1. Pilih perkutut jantan dan betina. Untuk mengetahui jenis kelamin perkutut jantan dan betina lihat disini.
2. Usia perkutut sudah mencapai 8 bulan.
3. Perkutut diletakkan dalam satu kandang ternak dengan ukuran minimal seperti kandang ternak lovebird 60 cm x 40 cm x 40 cm.
4. Biarkan perkutut di dalam satu kandang terus, lama-kelamaan perkutut akan jodoh.
Pada umumnya, perkutut akan mulai berjodoh setelah dimasukkan dalam satu kandang selama 1 sampai 2 bulan. Nah sekarang tinggal di pasang susuh atau tempat untuk bertelur perkutut. Burung perkutut ini cukup agresif. Misalnya kalau didekati burung akan takut, tidak seperti burung lovebird yang rata-rata jinak. Untuk itu sangat disarankan dalam menaruh kandang ternak di tempat yang sepi atau yang jarang dilalui oleh anggota keluarga seperti di bagian belakang rumah.

0 comments:

Posting Komentar