Selasa, 28 Februari 2017

Cara Melatih Lovebird Agar Ngekek Panjang

Abdullah Yatmono

Cara melatih lovebird agar ngekek panjang – Berdasarkan pengalaman, saya lebih suka membeli lovebird PAUD atau lovebird yang muda umur 2 bulanan untuk dijadikan bahan lomba. Terkadang dari indukan yang ngekek panjang, hasilnya tidak sesuai harapan. Anaknya tidak sama dengan induknya. Dan saya lebih suka menyeleksi burung-burung yang biasa saja mulai dari kecil (umur 2 bulan) setiap hari dilakukan pemasteran. Namun sekarang sudah tidak bisa sering berinteraksi dengan lovebird karena pekerjaan yang banyak menyita waktu. Berangkat pagi pulang sore kadang pulang jam 9 malam. Kerja apa dikerjani yah? (sedikit curhat).
Waktu saya masih aktif atau sering mengkuti perlombaan tingkat lokal, lumayan kadang bisa juara 1 sampai 10. Terus lovebirdnya langsung saya jual. Kalau dijual setelah perlombaan harganya lumayan tinggi bisa mencapai 4 juta walau tingkat kota. Nah lumayan benget bisa ditabung buat beli rumah tanpa kredit hehe.
Cara Melatih Lovebird Agar Ngekek Panjang
Cara Melatih Lovebird Agar Ngekek Panjang

Cara melatih lovebird agar ngekek panjang
Setiap orang atau yang sudah master lovebird memiliki cara masing-masing dalam menyeleksi burung sekiranya yang bisa ngekek panjang. Saya biasanya memilih kurang lebih 5 sampai 7 ekor lovebird PAUD. Setiap pagi hari saya mandikan. Jam 6.30 burung dimandikan. Kemudian langsung dijemur sampai pukul 8 pagi. Setelah itu burung dilakukan pemasteran. Kadang dikerodong kadang tidak pakai kerodong. Jadi saya putar suara burung lovebird yang ngekeknya panjang. Atau saat penjemuran, terkadang saya bunyikan suara lovebird yang sedang ngekek.

Pastinya lovebird-lovebird paud tersebut ada yang menyahut. Pasti dari ketujuh lovebird bahan lomba tersebut ada yang paling dominan. Paling tidak dari 7 lovebird ada sekitar 3 lovebird yang bisa ngekek panjang. Cara untuk mencetak lovebird yang bisa ngekek panjang tidaklah singkat. Tapi berbulan-bulan lho. Rata-rata lovebird yang saya terapi umur 5 atau 6 bulan ngekeknya sudah lumayan panjang sampai 20 detik bahkan ada yang 30 detik. Luar biasa sekali bukan?
Tipsnya adalah setiap pagi dilakukan pemandian kemudian dijemur sampai jam 8 kadang jam 9 sambil dibunyikan suara lovebird. kemudian lovebir di angin-anginkan di atas teras rumah. Melatih lovebird sebaiknya lebih dari satu, supaya ada lovebird bisa saling beradu dan di rumah pun suasananya seperti di perlombaan. Betul kan?
Untuk pakan, saya berikan pakan yang standar banget. Pakan hanya milet, canary, jagung muda, kangkung, kol, dan sawi putih. Kadang malah wortel pun saya berikan.
Kalau sore hari saya tidak pernah melalukan perlakuan khusus pada lovebird. Saya biarkan saja di atas teras rumah. Kalau sore hari baru dimasukkan ke dalam rumah. Kalau malam hari pun kadang membuat berisik isi rumah hehe. Oya saat ini sedang ngetrend untuk pemasteran bisa menggunakan tengkek buto. Kalau saya pribadi tidak melakukan hal tersebut. Semoga bermanfaat. Jika bermanfaat tolong dishare yah J

0 comments:

Posting Komentar