Minggu, 29 Januari 2017

Usia Berapa Memisahkan Anakan Lovebird Dengan Indukannya

Abdullah Yatmono

Kembali lagi saya mau menjawab pertanyaan dari teman yang masih pemula dalam beternak lovebird. Pada usia berapa memisahkan anakan lovebird dari induknya? Pada umumnya para breder lovebird memisahkan anakan dari induknya pada umur 2 minggu. Pada umur tersebut anakan sudah bisa bertahan hidup dengan cara kita loloh.

Tapi jika Anda masih pemula banget, sebaiknya mengambil anakan lovebird pada usia tiga minggu. Saya juga dulu mengambil anakan pada usia tersebut. Pada umur 3 minggu piyikan sudah mulai tumbuh bulu halus pada sayap dan kepalanya. Kata para master lovebird, kalau anakan itu sebenarnya paling baik di rawat oleh indukan sampai besar. Kalau anakan yang dirawat induknya sampai bisa makan sendiri katanya bisa lebih gacor dibandingkan anakan yang diloloh oleh kita. Selain itu kelebihan anakan yang diloloh induknya akan lebih tahan dari penyakit. 
Usia Berapa Memisahkan Anakan Lovebird Dengan Indukannya
anakan lovebird umur 3 minggu
anakan lovebird umur 2 miggu
anakan lovebird umur 2 miggu
Tapi pasti kita lebih banyak berfikir tentang keuntungan. Jika anakan kita ambil pada umur 2 minggu, maka indukan akan bertelur lagi dalam waktu 2 – 3 minggu. Jadi lovebird akan bereproduksi terus menerus. Kalau demikian anakan yang dihasilkan akan kurang berkualitas. Sebaiknya indukan diistirahatkan dulu dengan cara menaruh indukan di sangkar bulat yang tidak ada glodoknya.

Oya kalau Anda mau meloloh anakan, bisa dengan spet atau sendok. Kalau dengan sendok butuh ketelatenan karena tidak sepraktis dengan menggunakan spet. Anda bisa meloloh anakan sehari tiga kali atau setiap tiga jam sekali tapi porsi lolohannya di kurangi dari yang tiga jam sekali. Selengkapnya baca Waktu Meloloh Anakan Lovebird.

Adonan lolohan lovebird jangan sampai terlalu kental. Lebih baik agak encer kalau untuk meloloh anakan 2 minggu. Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan tentang umur berapa anakan lovebird dipisah dari induknya. Semoga bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar