Jumat, 20 Januari 2017

Tips Membersihkan Sangkar Lovebird Yang Benar

Abdullah Yatmono

Salah satu kunci burung lovebird tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihan kandang atau sangkar. Sangkar  yang bersih membuat lovebird terasa nyaman. Ibaratnya seperti kita manusia apabila rumah kita kotor maka kita pun tidak terasa nyaman bahkan orang bilang kita termasuk orang yang jorok. Rumah yang kotor menimbulkan bau yang tidak sedap. Begitu juga sangkar burung yang kotor akan berbau dan berdampak negatif bagi burungnya.
Tips Membersihkan Sangkar Lovebird Yang Benar
bersihkan alas sangkar tempat kotoran lovebird

Cara Membersihkan Sangkar Lovebird Yang Benar
bersihkan tempat air munim
Berawal dari sangkar yang kotor akan dihinggapi kuman. Apakah Anda pernah melihat di pada kandang yang kotor ada belatungnya? Waktu dulu saya memelihara burung kutilang kandangnya tidak terawat sampai-sampai kotoran burungnya sampai menumpuk di bawah kandang. Kemudian saya bersihkan ternyata kotoran tersebut sudah banyak belatungnya.
Bagi Anda yang memiliki burung lovebird yuk praktekan cara membersihkan kandang lovebird yang benar :
1. Setiap 5 hari atau  seminggu sekali kandang lovebird dibersihkan.
2. Setiap pagi hari wadah air minum sebaiknya dibersihkan ketika kita akan mengganti air minum lovebird.

3. Gantilah air minum lovebird dengan air yang sudah matang. Hal ini bertujuan agar air minum steril dari kuman penyakit yang mungkin masuk ke dalam tubuh lovebird.
4. Pada bagian alas sangkar, bersihkan kotoran dengan air hingga bersih. Setelah itu alas di lap supaya kering lagi.
5. Perhatikan juga pada sekitar dinding sangkar lovebird, kalau ada kotoran bisa dibersihkan.
6. Efek ari menjemur lovebird bersama sangkarnya juga bagus karena kuman-kuman yang menempel pada kandang bisa meti terkena sinar matahari.
Itu saja tips membersihkan sangkar lovebird yang benar. Pada intinya kita jangan sampai malas untuk membersihkan sangkar. Kasihan burung yang kita pelihara kalau jarang di rawat. Semakin kita sering berinteraksi dengan burung kita, maka ikatan batin burung dengan kita semakin dekat sehingga burung bisa jinak. Semoga bisa bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar