Kamis, 19 Januari 2017

Cara Memandikan Lovebird Yang Benar Pada Pagi Hari

Abdullah Yatmono

Artikel cara memandikan lovebird yang benar ini ditujukan bagi para pemula yang menggeluti burung lovebird. Waktu saya masih pemula, saya pernah melakukan kesalahan ketika memandikan lovebird. kesalahan tersebut seperti menyemprotkan air kebagian muka lovebird sehingga air bisa masuk ke dalam hidung. Seperti halnya kita kalau ada air yang masuk ke hidung dengan terpaksa pasti rasanya pening.
Cara Memandikan Lovebird Yang Benar Pada Pagi Hari
memandikan lovebird dengan semprotan embun
Berawal dari kesalahan tersebut saya bertanya kepada teman yang sudah lama memelihara lovebird. berikut tips memandikan lovebird yang benar pada pagi hari :
tips memandikan lovebird
lovebird setelah dimandikan
1. Kurang lebih jam 7 atau jam 8 pagi lovebird sudah bisa dimandikan karena matahari sudah muncul dan rasanya hangat menyehatkan. Jika lovebirdnya sudah masih muda, sebaiknya dimandikan dengan semproten embun tapi jangan sampai basah kuyup.
2. Jika lovebird yang dimandikan sudah dewasa bisa dimandikan sampai basah kuyup yang bertujuan stamina lovebird meningkat sehingga bisa ngekek panjang.

3. Mandikan lovebird di halaman rumah. Bisa langsung terkena sinar matahari atau tidak. Pertama-tama bisa dimandikan dengan semprotan embun. Setelah merata bisa dilakukan semprotan kasar ke tubuhnya sehingga lovebird bisa basah kuyup.
4. Setelah lovebird sudah basah bisa langsung dijemur di bawah sinar matahari pagi selama 1,5 hingga 2 jam. Jangan sampai lewat jam 10 siang yah. Karena sinar matahari pada jam 10 sudah tidak sehat lagi bagi lovebird yang baru dimandikan.
5. Jika lovebird kita bertujuan supaya ngekek panjang, setelah dijemur lovebird diberi kerodong. Selama diberi kerodong bisa dilakukan pemasteran dengan memutar suara burung lovebird yang ngekeknya panjang.

Hanya itu saja cara memandikan lovebird yang telah saya lakukan selama memelihara lovebird. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda di rumah.

0 comments:

Posting Komentar