Kamis, 08 Desember 2016

Pakan Anakan Lovebird Yang Baru Menetas

Abdullah Yatmono

Pakan anakan lovebird yang baru menetas apabila diloloh oleh kita adalah bubur bayi Nestle Cerelac atau merek SUN. Bubur tersebut bisa dicampur dengan tepung maizena atau tepung jagung. Bubur bayi tersebut dicampur dengan air panas sampai kental.
Ketika meloloh piyik lovebird yang baru menetas sebaiknya lolohannya encer. Jangan sampai terlalu kental karena pencernaan piyik lovebird belum bekerja secara optimal. Cara mengencerkannya dengan air panas. Setelah lolohan tidak panas, kita lolohkan dengan spet atau botol kecil.
Pakan Anakan Lovebird Yang Baru Menetas

Pakan Anakan Lovebird Yang Baru Menetas
Cara melolohnya ada yang menggunakan botol bekas cuka yang ukuran paling kecil. Pada ujung botol tersebut dibuat runcing agar bubur lolohan mudah masuk ke mulut bayi lovebird. Saya pribadi saat ini menjual bubur untuk anakan lovebird yang baru menetas. Namanya Bo.ge.na. Bubur tersebut berasal dari Spanyol. Hasil anakan yang telah diloloh menggunakan bubur tersebut sehat dan gemuk.

Bagi pemula, saya tidak menyarankan untuk hand breding atau meloloh anakan lovebird karena pada usia yang baru menetas mudah mati. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya anakan lovebird diletakan di bawah lampu 5 watt agar tetap hangat seperti hangatnya di erami oleh indukannya.
Saat ini para breeder yang sudah berpengalaman lebih suka untuk menetaskan telur lovebirdnya sendiri atau tanpa indukan.alasannya adalah, telur lovebird yang dimasukan ke dalam mesin penetas telur tingkat menetasnya 90 persen. Sedangkan telur yang dierami indukan hanya memiliki tingkat menetasnya 60 persen saja.

Apabila kita meloloh anakan lovebird, kita harus memberikan perhatian yang lebih. Setiap dua jam sekali kita harus melolohnya. Bagi Anda yang bekerja di siang hari memang sangat sulit untuk melakukannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan salam sukses untuk kicau mania.

0 comments:

Posting Komentar