Selasa, 13 Desember 2016

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Abdullah Yatmono

Pada kesempatan kali ini saya akan menjawab pertanyaan tentang cara ternak lovebird agar cepat bertelur. Salah satu hal yang ditunggu-tunggu bagi peternak lovebird yang masih pemula adalah lovebirdnya bertelur dan akhirnya bisa menetas. Burung lovebird merupakan burung yang mudah diternakan. Walaupun habitat aslinya adalah di Afrika sana, tapi burung ini dapat menyesuaikan diri dengan iklim Indonesia yang tropis.
Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur
Agar lovebird yang kita tangkarkan bisa bertelur, kita harus pastikan lovebird yang kita miliki berjenis kelamin jantan dan betina. Karena lovebird itu unik, sesama betina saja lovebird bisa bertelur namun tidak dapat menetas karena telurnya infertil. Jika lovebird kita adalah hasil jodohan secara koloni, bisa dipastikan lovebirdnya sepasang. Baca juga keuntungan ternak lovebird secara koloni.
Sebelum lovebird kita dapat bertelur, lovebird harus kawin terlebih dahulu. Jadi cara agar lovebird cepat bertelur adalah mau kawin. Supaya lovebird mau kawin, birahi sepasang lovebird harus naik. Jadi kita memberikan treatment yang bertujuan untuk meningkatkan birahi lovebird.

Treatment tersebut adalah dengan memberikan pakan yang bisa meningkatkan birahi lovebird. Beberapa contoh pakan yang bisa meningkatkan birahi lovebird adalah sayuran kangkung, tauge, dan kwaci (biji bunga matahari). Para master ternak lovebird kebanyakan menggunakan kangkung agar birahi lovebird bisa naik.

Selama satu minggu, sepasang lovebird diberikan sayuran kangkung. Sebaiknya setiap hari kangkung diganti agar lebih segar. Selama saya beternak lovebird, pemberian kangkung setiap hari ditambah dengan kwaci yang dicampurkan dengan milet putih sangat berhasil. Setelah anakan atau piyik lovebird di ambil, dua atau tiga minggu kemudian indukan lovebird bertelur kembali.

Air minum lovebird di dalam kandang setiap hari harus diganti. Air minum juga dengan air matang agar lovebird tetap sehat. Kandang juga harus bersih agar lovebird betah dan terhindar dari penyakit. Setiap lima hari atau seminggu sekali kandang dibersihkan. Oke demikianlah cara agar lovebird cepat bertelur. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar