Sabtu, 10 Desember 2016

Cara Menjodohkan Lovebird Dewasa Dengan Cepat

Abdullah Yatmono

Cara menjodohkan lovebird yang sudah dewasa sangatlah mudah. Lovebird yang dewasa umumnya sudah berusia 10 atau 11 bulan. Jangan sampai kita menjodohkan lovebird yang usianya masih muda seperti 6 bulan atau 7 bulan. Anakan dari lovebird yang masih mudah tidak bagus bahkan ada yang cacat.

Cara Menjodohkan Lovebird Dewasa Dengan Cepat
Kunci agar lovebird mudah berjodoh adalah lovebird jantan dan lovebird dewasa harus birahi. Kalau belum birahi akan susah dijodohkan. Jika kita memiliki lovebird yang banyak, menjodohkannya bisa dengan cara koloni. Cara menjodohkan secara koloni juga mudah karena lovebird akan memilih sendiri pasangannya.

Cara meningkatkan birahi lovebird agar mudah berjodoh :

Memberi pakan yang bisa meningkatkan birahi seperti sayuran kangkung, kwaci, dan tauge. Kalau saya pribadi hanya menggunakan kangkung dan kwaci. Selama satu minggu lovebird yang mau kita jodohkan diberikan sayuran kangkung dan ditambah kwaci yang dicampur dengan milet putih. Kangkung bisa dipotong-potong atau tidak dipotong dan masukan dalam kandang. Sebaiknya kangkung diganti setiap pagi hari agar selalu segar dan efeknya lebih terasa bagi lovebird.

Cara menjodohkan lovebird dewasa

Setelah satu minggu diberikan kangkung dan kwaci. Sekarang kita lakukan penjodohan. Cara yang paling umum dilakukan oleh para breeder adalah mendekatkan atau menempelkan kandang lovebird jantan dengan kandang lovebird betina. Setelah kandang didekatkan biarkan saja dan kita tinggal. Satu atau dua jam kemudian kita amati tingkah laku mereka. Kalau kedua lovebird saling mendekat di pinggir kandang maka tandanya lovebird berjodoh.
Tetapi kalau salah satu lovebird malah ketakutan ingin keluar kandang, maka lovebird belum berjodoh. jika belum berjodoh, kandang terus didekatkan saja selama tiga hari. Jangan lupa masih diberikan kangkung dan kwaci agar birahinya naik. Berdasarkan pengalaman, kalau kedua lovebird sudah birahi selama dua jam kandang didekatkan lovebird sudah berjodoh.

Setelah lovebird terlihat sudah berjodoh, letakan kedua lovebird pada kandang ternak yang kotak. Kemudian diletakan glodok di dalam kandang. Paling selang dua hari atau tiga hari lovebird akan kawin. Jika lovebird sudah terlihat kawin, segera di dalam kandang diberi serutan kayu atau serutan bambu agar lovebird bisa membuat sarang.
Oke sobat kicau mania di Nusantara... Itu saja cerita pengalaman saya tentang cara menjodohkan lovebird dewasa dengan cepat. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar