Sabtu, 17 Desember 2016

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Di Kolam Terpal

Abdullah Yatmono

Salah satu ikan yang mudah dibudidayakan adalah ikan lele. Setiap hari banyak orang yang mengkonsumsi ikan lele sehingga prospek untuk bisnis sangat bagus. Kita bisa melihat olahan ikan lele setiap hari seperti di warung penyetan Lamongan, Lele Krispi, dan Warteg.

Jika Anda masih pemula, sebelum bergelut dengan bisnis ikan lele harus memiliki pengetahuan dasar cara budidaya ikan lele. Pada artikel kali ini, kami akan menyampaikan cara budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal. Ikan lele sangkuriang memiliki keunggulan dibanding jenis ikan lele lainnya. Lele sangkuriang lebih cepat besar dibanding lele dumbo atau lele biasa. Pada usia 2,5 – 3 bulan lele sangkuriang sudah bisa dipanen sehingga prospeknya sangat baik.
Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Di Kolam Terpal

Beberapa kelebihan budidaya ikan lele di kolam terpal :

1. Perawatannya lebih mudah seperti mengganti air
2. Ikan lele terhindar dari predator ikan lainnya
4. Mudah membuat kolam dan menghemat lahan
3. Lele lebih berkualitas dan bersih

Persiapan Kolam Lele

Terlebih dahulu menyiapkan terpal ukuran 4 x 6 m. Sediakan juga bambu dan tali untuk membentuk kolam ikan dengan terpal. Bentuk kolam lele dengan tinggi kolam 70 cm. Untuk menghilangkan bau plastik atau kandungan zat kimia yang ada di terpal, kolam diisi air sampai penuh dan biarkan selama 5 hari. Setelah itu air dibuang dan diganti dengan air yang siap untuk pembesaran benih ikan lele.

Pemilihan Benih

Kita bisa membeli benih ikan lele sangkuriang di pasar ikan atau datang langsung ke tempat pembenihan. Benih yang dijual untuk usaha pembesaran lele biasanya berukuran 5 – 7cm. Ukuran terpal 4 x 6 biasanya dapat menampung benih hingga 1000 ekor ikan lele.

Pemberian Pakan

Ikan lele merupakan hewan nokturnal atau hewan yang aktif pada malam hari. Pemberian pakan bisa dilakukan 3 hingga 4 kali. Pada pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari. Pada sore hari dan malam hari jumlah pakan yang diberikan harus lebih banyak. Pakan yang diberikan dari jenis pelet. Untuk memperoleh harga yang murah, kita bisa membeli satu sak pelet lele 50 kg. Untuk menekan biaya pakan lele dari jenis pelet, bisa menggunakan pakan alternatif seperti bekatul, ampas tahu, dan sisa sayuran.

Pengelolaan Air

Jika di dalam kolam banyak sisa pakan yang tidak habis dimakan lele maka kolam mudah kotor. Apabila air di kolam sudah berbau, segera lakukan penggantian air. Misalnya dengan membuang sepertiga atau separuh air yang ada di kolam kemudian diganti dengan yang baru. Selama tiga bulan normalnya pergantian air dilakukan empat kali agar lele terhindar dari penyakit.
Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Di Kolam Terpal

Masa Panen

Setelah lele berusia 2,5 – 3 bulan, lele sudah siap panen. Salah satu indikator budidaya atau pembesaran ikan lele yang telah kita lakukan berhasil bisa dengan melihat jumlah ikan lele perkilogramnya. Untuk 1 kg ikan lele pada usia 2,5 – 3 bulan berisi 9 – 12 ekor.
Demikianlah informasi seputar budidaya ikan lele sangkuriang di kolam terpal, semoga bermanfaat :)

0 comments:

Posting Komentar