Sabtu, 05 November 2016

Umur Berapa Anakan Lovebird Dipisahkan Dari Induknya?

Abdullah Yatmono

Salah satu cara agar lovebird cepat bereproduksi adalah dengan mengambil anakan. Anakan atau piyikan lovebird tersebut kita loloh sendiri. Namun untuk meloloh anakan lovebird butuh kesabaran dan ketelatenan. Pasalnya setiap dua jam sekali kita harus meloloh lovebird.
Umur Berapa Anakan Lovebird Dipisahkan Dari Induknya?
anakan lovebird usia 2 minggu

Umur Berapa Anakan Lovebird Dipisahkan Dari Induknya?
piyikan lovebird usia 14 hari
Kita bisa mengambil anakan dari glodok pada usia satu minggu setelah menetas. Akan tetapi saran dari peternak lovebird yang sudah profesional, mereka memisahkan anakan dari indukan pada usia 2 minggu atau 14 hari setelah menetas. Pada usia 2 minggu anakan sudah kuat dan agak besar. Kemudian pada usia 14 hari anakan lovebird sudah mulai menyisir untuk tumbuh bulu.
Ada peternak lovebird yang lebih ekstrim lagi. Mereka mengambil anakan pada usia 3 hari. Pada usia 3 hari lovebird masih sangat rentan. Tapi bagi peternak yang sudah biasa merawat lovebird dengan usia seperti itu bisa hidup sampai dewasa. Salah satu keuntungan lovebird yang diloloh oleh manusia adalah lovebird lebih jinak.
Saya pribadi menyarankan juga bagi Anda yang mungkin masih pemula untuk memisahkan anakan lovebird dari induknya pada usia 14 hari atau dua minggu. Saya yakin kalau Anda telaten untuk merawatnya lovebird akan hidup dan bisa dijual untuk menambah penghasilan pribadi.
Pada umumnya, indukan yang telah diambil anakannya 2 minggu kemudian akan kawin. Setelah kawin, lovebird akan bertelur kembali, kemudian mengerami dan menetaskan telur. Dengan jalan mengambil anakan untuk kita loloh sendiri, tingkat produksi lovebird akan semakin meningkat. Demikian juga pundi-pundi uang dari hasil ternak lovebird akan kita peroleh. Baca juga pada umur berapa anakan lovebird bisa makan sendiri?
Jika kita mengambil anakan pada usia dua minggu, selama satu minggu atau anakan lovebird sampai usia tiga minggu kita harus meloloh setiap dua jam sekali. Anda bisa menggunakan bubur bayi seperti merek SUN, Cerelax atau merek lainnya. Saat ini sudah tersedia di toko-toko burung berupa pakan anakan lovebird. Harganya tidak terlalu jauh dari harga bubur bayi. Bubur bayi yang disaranakan bisa beras merah atau kacang hijau. Ketika membuat bubur jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental. Anda bisa menggunakan spet untuk memudahkan meloloh anakan lovebird. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kicau mania lovebird senusantara..

0 comments:

Posting Komentar