Selasa, 15 November 2016

Sampai Umur Berapa Lovebird Produksi

Abdullah Yatmono

Hallo Sobat Petanisukses.com.. Bagaimana keadaan ternak lovebirdnya? Sudah membuahkan hasil? Oke, kali ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan tentang sampai umur berapa lovebird produksi?

Burung lovebird merupakan keluarga dari burung paruh bengkok seperti burung nuri, kakak tua, betet, dan lainnya. Jenis burung tersebut dapat bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama. Usianya mencapai 25 tahun hingga 30 tahun. Seperti apa yang dikatakan teman saya yang sudah beternak lovebird yang cukup lama, lovebird dapat bertahan hidup 25an tahun.

Untuk masa produksi lovebird yang lancar, biasanya pada umur di bawah 10 tahun. Setelah itu produksi lovebird kurang lancar atau mau memasuki masa afkir. Hal ini juga tergantung dari pemeliharaan para peternak. Jika anakan diambil pada usia satu minggu atau dua minggu, maka lovebird akan cepet berkembang biak. Lovebird saya biasanya kalau anakan diambil, 2 minggu kemudian indukan lovebird sudah bertelur lagi.
Jika indukan lovebird tidak diistirahatkan dalam reproduksinya, hal ini bisa mengurangi kualitas anakan lovebird. Lazimnya indukan lovebird yang hidup di hutan Afrika sana dalam satu tahun hanya berproduksi dua kali. Jadi hanya menghasilkan dua generasi anakan dalam satu tahun. Kalau kita yang penangkar di Indonesia, dalam satu tahun bisa berproduksi 4 kali hingga 5 kali. Wah kalau seperti ini kasian kepada indukan lovebird.
Indukan yang sering bertelur terus akan mudah terkena penyakit. Memang ada para peternak yang mengeluhkan indukan ada yang mati atau sering mati. Jika ada hal semacam itu, bisa dipengaruhi dari faktor kesehatan internal seperti sering bertelur dan faktor eksternal seperti kebersihan kandang, pakan yang sudah basi, dan minuman yang jarang diganti.
Faktor eksternal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap tingkat reproduksi lovebird. mungkin ada yang lovebirdnya macet bertelur atau tidak mau kawin karena kandang yang kotor dan minuman yang jarang diganti.
Demikianlah artikel seputar sampai umur berapa lovebird produksi. Kesimpulannya adalah lovebird bisa bereproduksi hingga belasan tahun. Hal ini tergantung dari perawatan lovebird yang diterapkan oleh para breeder. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar