Minggu, 06 November 2016

Makanan Lovebird Saat Meloloh Anaknya

Abdullah Yatmono

Ketika indukan lovebird sedang meloloh anaknya membutuhkan pakan yang berkualitas. Dari pengalaman saya selama memelihara lovebird sampai sekarang saya menyediakan pakan dari milet putih, kenari set, dan jagung muda.
Makanan Lovebird Saat Meloloh Anaknya
Perbandingan milet putih dengan kenari set 1 banding 2 (1 : 2). Artinya kenari setnya lebih banyak, 1 takar milet putih dan 2 takar kenari set. Fungsi kenari set bagi anakan adalah membuat anakan lebih cepat besar dan gemuk. Kemudian jagung muda diberikan setiap hari. Dua hari sekali jagung muda harus diganti karena sifat jagung muda ini mudah basi dan kisut.
Fungsi jagung muda bagi anakan dan indukan adalah agar anakan cepat tumbuh karena jagung muda banyak mengandung protein dan karbohidrat. Bagi indukan betina yang habis mengerami telurnya tentu menjadi kurus. Oleh karena itu harus banyak pakan protein tinggi agar kesehatan indukan betina tetap terjaga.

Perhatikan juga pada minuman lovebird. Saya setiap hari selalu mengganti minuman lovebird. Wadah minuman dicuci agar tidak berlumut. Wadah minuman diisi dengan air matang. Tujuan dengan air matang agar lovebird tetap sehat. Apalagi ketika lovebird sedang meloloh anaknya harus diperhatikan minumannya, dan jangan sampai kotor.
Jadi kunci sukses saya selama lovebird meloloh anaknya adalah pakan standar dari milet putih, kenari set dan jagung muda.
Ada teman saya yang menambahkan tepung jagung di dalam kandang. Jadi terdapat wadah pakan yang berisi tepung jagung atau maizena. Selain itu teman saya menambahkan susu bubuk bayi. Katanya agar perkembangan lovebird lebih cepat. Baca Cara Mempercepat Produksi Lovebird
Kesimpulannya, Anda bisa mengikuti saran saya atau bisa menambahkan tepung maizena dan susu bubuk sebagai alternatif penambah vitamin pada lovebird.  

0 comments:

Posting Komentar