Selasa, 08 November 2016

Lovebird Mengeram Sering Keluar Glodok dan Cara Mengatasinya

Abdullah Yatmono

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab lovebird mengeram tapi sering keluar glodok. Jika lovebird berperilaku demikian, maka akan menggangu telur lovebird yang sedang di erami. Bisa saja telurnya tidak menetas semua atau bahkan tidak ada yang menetas. Untuk itu kita harus mengetahui apa saja yang menyebabkan lovebird sering keluar dari glodok.

Indukan lovebird keluar glodok
Berdasarkan pengalaman ada beberapa penyebab mengapa lovebird mengeram sering keluar glodok. Berikut selengkapnya :
1. Suasana di luar kandang terlalu ramai atau berisik sehingga mengganggu lovebird yang sedang mengeram. Jika demikian, kita harus segera menempatkan kandang di tempat yang tidak banyak dilalui oleh orang di sekitar rumah. Misalnya bisa ditempatkan di belakang rumah atau samping rumah.
2. Suasana di dalam kandang terlalu panas. Misalnya pada saat musim kemarau tiba, di daerah tempat tinggal saya di Kota Tegal banyak peternak lovebird yang telurnya tidak bisa menetas. Kabarnya karena cuaca yang buruk sehingga indukan betina lovebird sering keluar kandang. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kandang indukan harus diletakan yang sirkulasi udaranya lancar. Jangan sampai ternak lovebird kita di dalam ruangan yang tertutup atau tidak ada udara yang keluar masuk.
3. Indukan lovebird betina diganggu lovebird jantan yang sedang birahi. Demikian juga lovebird betinanya birahi juga. Ada banyak kasus ketika indukan betina sedang mengeram ketika sedang keluar dari glodok kemudian kawin dengan indukan jantan. Teman saya yang lovebirdnya demikian akhirnya telur yang sedang dierami tidak menetas semua. Indukan tidak mau mengeram lagi. Untuk mengatasi hal ini, makanan lovebird harus di jaga agar tidak over birahi. Selengkapnya baca Pakan Lovebird Ketika Bertelur dan Mengeram.
Oke demikianlah penjelasan saya mengenai penyebab lovebird yang sedang mengeram tetapi sering keluar glodok. Semoga bermanfaat untuk sobat kicau mania nusantara.

0 comments:

Posting Komentar