Selasa, 08 November 2016

Ciri-Ciri Lovebird Mengerami Telurnya

Abdullah Yatmono

Bagi pemula yang beternak lovebird mungkin belum tahu tentang ciri-ciri lovebird mengerami telurnya. Setelah lovebird melakukan perkawinan dengan pasangannya, biasanya 8 hari kemudian lovebird akan bertelur. Setelah indukan betina mengeluarkan telur yang pertema, seminggu kemudian lovebird akan mulai mengerami telurnya.

Ciri-Ciri Lovebird Mengerami Telurnya
Jadi kita bisa memantau kapan indukan lovebird kita akan mengeram dan bisa diprediksi kapan mulai menetasnya. Berikut ciri-ciri lovebird yang sedang mengerami telurnya :
1. Indukan betina jarang terlihad di luar glodok. Indukan betina lah yang mengerami telurnya. Kemudian lovebird betina setiap harinya akan menjaga telur dengan mengerami. Biasanya indukan betina akan keluar glodok pada pagi hari saja atau pada waktu sore hari saja. Masing-masing indukan memiliki karakter yang berbeda. Tujuan lovebird tersebut keluar biasanya untuk mencari makan di tempat makan. Atau tidak keluar pun lovebird jantan akan menyuapi lovebird betina yang sedang mengerami.
2. Lovebird betina jika keluar glodok kemudian kita mendekat, maka akan menegakan bulunya. Mungkin saja sebagai tanda melindungi anaknya/ telur yang ada di dalam glodok. Biasanya pada saat mengerami telurnya, indukan betina cenderung galak. Misalnya jari kita dimasukan ke dalam kandang bisa digigit olehnya.
3. Indukan lovebird betina hanya keluar ketika mau membuang kotorannya. Selama mengerami telurnya, indukan jarang makan dan jarang pula mengeluarkan kotoran. Sama halnya pada ayam, bisa tidak makan selama tiga hari kuat. Indukan lovebird yang suka bersih, tidak akan membuang kotorannya sendiri di dalam kandang. Demikian juga indukan lovebird yang jantan.
4. Indukan lovebird jantan akan sering bertengger di atas glodok. Kalau tidak di atas glodok, pejantan akan bertengger di tangkringan dekat glodok. Lovebird jantan akan menjaga telurnya dari luar glodok kalau ada yang mengganggu langsung saja di halau.
Baca juga Ciri-Ciri Lovebird Over Birahi
Jadi kesimpulan dari ciri-ciri lovebird yang sedang mengerami telurnya adalah indukan lovebird betina jarang keluar kandang dan penjantan akan bertengger sendirian di atas glodok.

0 comments:

Posting Komentar