Jumat, 04 November 2016

4 Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)

Abdullah Yatmono

Lovebird yang sering gesek tangkringan atau gestang dianggap kurang baik. Apalagi kalau sepasang lovebird tersebut ada yang gestang akan berdampak pada kelancaran produksi telurnya. Bisa saja lovebird jantan tidak mau mengawini pasangannnya dan malah lebih suka mengawini tangkringan. Ibaratnya kalau pada manusia memiliki perilaku yang menyimpang.
Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)
Kalau lovebird yang sedang dilombakan malah gesek tangkringan malah bisa merusak poin keindahannya. Perilaku gesek tangkringan ini sering dialami oleh lovebird jantan. Demikian juga lovebird betina juga ada yang memiliki perilaku tersebut. Ada dua kemungkinan perilaku yang menjadi penyebab gestang yakni karena over birahi dan perilaku yang buruk pada lovebird tersebut.
Beriku ini cara mengatasi lovebird gesek tangkringan (gestang) yang sudah biasa dipraktekan oleh para kicau mania.
1. Mengambil tangkringan
Untuk sementara kita mengambil tangkringan pada kandang lovebird. Sebagai ganti tangkringan para kicau mania menggantinya dengan setengah potong bada di kandangnya. Setelah tangkringan di ambl, letakan bata di dasar kandang. Kemudian tempat makan dan minuman juga dipindahkan ke dasar kandang. Dengan mengambil tangkringan lovebird tidak lagi bisa gestang. Lakukan terapi ini selama seminggu.

2. Meletakan lovebird di kandang umbaran
Pada pagi hari hingga sore hari atau selama seminggu lovebird yang sering gestang diletakan di dalam kandang umbaran. Di dalam kandang umbaran disediakan hanya satu tangkingan saja. Di dalam kandang umbaran lovebird akan merasa lebih bebas bergerak.
3. Memandikan lovebird sehari dua kali
Untuk meredam gestang lovebird bisa dimandikan hingga basah kuyup pada pagi hari dan lakukan penjemuran selama 1,5 jam. Pada sore harinya, lovebird dimandikan dengan cara disemprot tapi tidak sampai basah kuyup. Mungkin cara mandi sore ini sama saja dilakukan pengembunan. Baca juga Ciri lovebird jantan yang sedang birahi dan cara mengatasinya
4. Mengatur pakan
Selama lovebird terlihat sering gestang, sebaiknya hanya diberi pakan milet putih saja. Kita hindari makanan yang bersifat menaikkan birahi lovebird seperti tauge, kangkung, dan kwaci.
Oke demikianlah ada 4 cara yang biasa digunakan oleh para kicau mania dalam mengatasi lovebird yang sering gesek tangkringan (gestang). Semoga bermanfaat J

0 comments:

Posting Komentar