Kamis, 03 November 2016

Cara Mempercepat Produksi Lovebird

Abdullah Yatmono

Burunrg lovebird merupakan burung yang mudah dikembangkan. Burung lovebird berasal dari Afrika Selatan dan Madagaskar. Burung ini eksis ditangkarkan di belahan dunia seperti Eropa, Amerika, dan Asia. Saat ini di tahun 2016 di Indonesia banya orang yang mengimpor lovebird Taiwan. Lovebird Taiwan ini jenis lovebird yang ditangkarkan di negara Taiwan. Katanya lovebird Taiwan lebih gacor daripada lovebird lokal (Indonesia).
Cara Mempercepat Produksi Lovebird
Oke kembali saya akan membahas tentang bagaimana caranya untuk mempercepat produksi lovebird. Lovebird akan mengerami selama 21 hari hingga 30 hari. Telur lovebird akan mulai menetas setelah dierami 21 hari. Kemudian telur lovebird tiini unik. Uniknya bagaimana? Waktu menetasnya tidak pada hari yang sama dengan telur lainnya. Misalnya telur ada yang menetas pada hari ke 21, ada yang menetas pada hari ke 23. Jadi anakan lovebird ada yang besar dan ada yang kecil.
Para master ternak lovebird biasa mengambil anakan atau piyi pada usia satu minggu untuk diloloh dengan tangan (hand breeding). Tapi kebanyakan para master ternak menyarankan untuk mengambil piyikan lovebird pada usia 2 minggu. Pada usia 2 minggu lovebird memiliki daya tahan yang cukup kuat karena telah diloloh oleh induknya.

Setelah kita mengambil anakan lovebird pada usia 2 minggu kemudian kita loloh. Pakan untu meloloh bisa menggunakan bubuy bayi seperti bubur SUN dan Cerelak. Di toko-toko burung juga sudah tersedia racikan pakan untuk meloloh anakan lovebird. Kemudian bisa ditambahkan vitamin untuk anakan seperti Ebood Jos yang berfungsi agar anakan nanti lebih gacor dan sehat.
Setelah anakan kita ambil, kita beri pakan indukan seperti biasanya seperti mileh putih, kenari set, dan jagug muda. Agar indukan cepat berproduksi maka indukan diberi sayuran kangkung. Sayuran kangkung berfungsi untuk menaikkan birahi lovebird. Setelah birahi lovebird jantan dan betina naik, maka lovebird akan kawin. kemudian lovebird akan bertelur kembali, mengerami, dan menetaskan telur. Begitu seterusnya. Jadi dalam satu tahun lovebird bisa bertelur sampai 5 kali.

Jika lovebird digenjot terus agar bertelur, hasil anakan akan kurang bagus. Kemudian lovebird betina juga rawan sakit. Untuk itu dalam setahun yang ideal lovebird bisa bertelur empat kali. Semoga artikel cara mempercepat produksi lovebird bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat kepada para peternak pemula. 

0 comments:

Posting Komentar