Kamis, 03 November 2016

Cara Mempercepat Lovebird Kawin

Abdullah Yatmono

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari teman-teman yang beternak lovebird mengenai cara mempercepat lovebird kawin. Saat ini banyak orang yang melirik untuk beternak lovebird. Burung yang asalnya dari Afrika Selatan dan Madagaskar ini sudah banyak dibudidayakan di luar asalnya seperti Amerika, Eropa, Asia. Burung lovebird ini mulai populer di Indonesia tahun 2012an. 
Cara Mempercepat Lovebird Kawin
Waktu ini harga burung ini sangat mahal. Namun seiring berjalannya waktu kesini tahun 2016, harganya relatif turun. Katanya penyebab turunnya harga lovebird adalah karena sudah banyak para penangkar atau peternak sedangkan peminatnya tidak naik banget. Jadi ibaratnya banyak stok tapi pembelinya tidak kunjung naik. Saat ini harganya sudah terjangkau di seluruh kalangan. Burung lovebird warna hijau standar saja yang sudah dewasa hanya Rp200.000. 
Oke itulah sekilas perjalanan lovebird di indonesia. Saya balik lagi untuk menjawab pertanyaan dari para peternak yang masih pemula yakni bagaimana cara untuk mempercepat lovebird kawin.
Menurut saya caranya sangat mudah kalau kedua lovebird atau satu pasang lovebird tersebut sudah sama-sama birahi. 

Jadi cara yang pertama agar lovebird mau kawin adalah lovebird harus sehat semuanya.
Cara yang kedua adalah dengan meningkatkan birahi lovebird dengan memberikan EF (Extra fooding) yang dalam bahasa gaulnya makanan tambahan. Contoh makanan tambahan yang dapat meningkatkan birahi lovebird adalah sayuran kangkung. 
Para peternak yang sudah lama menggeluti lovebird selalu memberikan sayuran kangkung pada lovebird agar cepat kawin. jadi selama satu minggu berturut-turut sepasang lovebird diberi kangkung. Satu minggu saja sudah cukup untuk membuat birahi lovebird naik. Baca juga ciri-ciri lovebird betina yang sedang birahi.
Selain kangkung, ada makanan lain yang bisa meningkatkan birahi lovebird seperti tauge dan kwaci. Tauge atau kecambah kacang hijau ini selain banyak mengandung protein bisa meningkatkan birahi lovebid. Tapi para pakar ternak lovebird lebih merekomendasikan sayuran kangkung.
Jika lovebird sudah terpantau melakukan perkawinan, pemberian kangkung esok harinya bisa dihentikan. Lovebird akan bertelur setelah 8 hari hingga 10 hari. Rentang waktu tersebut akan digunakan lovebird untuk membuat sarang. 
Oke... demikianlah penjelasan mengenai cara ampuh untuk mempercepat lovebird kawin. Semoga bisa bermanfaat bagi para peternak lovebird yang masih pemula.

0 comments:

Posting Komentar