Sabtu, 05 November 2016

Cara Agar Telur Lovebird Menetas Semua

Abdullah Yatmono

Kita mungkin merasa rugi atau kurang beruntung jika telur yang dierami lovebird tidak bisa menetas semua. Misalnya lovebird mengerami 4 telur, tapi yang menetas hanya 2 butir bahkan 1 butir saja yang menetas. Setelah kita mengambil telur lovebird yang menetas ternyata sudah ada embrionya. Jika ada embrio di dalamnya, berarti telur tersebut bisa menetas dengan layak. Setelah kita menganalisis kejadian tersebut, kita bisa mengambil langkah untuk kedepannya. Bagaimana cara agar telur lovebird bisa menetas semua.
Cara Agar Telur Lovebird Menetas Semua
Faktor yang membuat telur lovebird tidak bisa menetas semua :
1. Lingkungan terlalu ramai
2. Telurnya infertil atau telur kuwuk yang tidak dibuahi. Baca juga Mengapa Lovebird Bertelur Tapi Tidak Menetas
Tips agar telur lovebird menetas semua dari para master lovebird sebagai berikut :
1. Selama proses mengerami, suasana di luar kandang harus tidak ramai. Kalau suasana yang ramai akan membuat indukan betina sering keluar kandang. Sedangkan kondisi suhu telur harus tetap terjaga. Jika indukan betina sering keluar kandang maka bisa dipastikan ada telur yang tidak bisa menetas.
2. Telur yang infertil atau kuwuk tidak bisa menetas. Untuk menghindari hal seperti ini pastikan setelah lovebird kawin, kita menyediakan pakan yang berkualitas. Saya pribadi hanya menyediakan pakan yang standar seperti milet putih, kenari set, dan jagung muda setiap hari selama lovebird kawin hingga mau mengerami.
3. Selama indukan betina mengerami, kita harus menjaga birahi lovebird jantan agar tidak naik. Jika birahi lovebird jantan naik namun lovebird betina sedang mengerami maka pejantan akan mengganggu betina untuk kawin. Apabila lovebird jantan sudah birahi kita harus mengambil lovebird jantan untuk ditaruh di kandang yang berbeda. Tujuannya adalah agar lovebird betina fokus mengerami telur. 
4. Selama indukan betina sedang mengerami, sediakan pakan yang standar saja. Contoh pakan yang standar saya pakai hanya milet putih. Terkadang milet dicampur dengan kenari set sedikit saja.

Ada keuntungan indukan lovebird yang ditaruh pada kandang koloni dibandingkan ternak di sangkar kandang kotak besi. Pada kandang koloni biasanya banyak telur yang menetas. Menurut saya mungkin karena lovebird terasa lebih nyaman jika di kandang koloni sehingga seperti di alam bebas. Demikianlah tips singkat agar telur lovebird bisa menetas semua. Semoga bermanfaat bagi kicau mania lovebird J

0 comments:

Posting Komentar