Selasa, 01 November 2016

Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur

Abdullah Yatmono

Bagi peternak lovebird yang masih pula pasti bertanya-tanya kenapa lovebird saya tidak kunjung bertelur. Apa penyebabnya? Berikut ini saya akan membahasnya secara ringkas dan jelas.
Lovebird akan bertelur setelah lovebird kawin dengan pasangannya. Kalau tidak terjadi perkawinan jangan harap lovebird akan bertelur. Nah agar lovebird mau kawin, sepasang lovebird harus birahi terlebih dahulu. Jadi langkah yang harus kita tempuh adalah meningkatkan birahi sepasang lovebird tersebut. Bagaimana caranya?
Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur
Cara meningkatkan birahi lovebird sepasang:
Alhamdulillah lovebird ternak saya produknya sampai saat ini berjalan dengan lancar. Misalnya setelah saya mengambil anakan dua minggu, lovebird saya bertelur lagi dan mengerami lagi begitu seterusnya. Rahasianya adalah agar lovebird mau kawin lagi, setiap hari diberi sayuran kangkung segar. Bisa dipotong-potong atau dibiarkan saja. Biasanya pemberian selama satu minggu sudah ada efeknya lovebird akan kawin. setelah terlihat lovebird sudah kawin, saya menghentikan pemberian kangkung. Baca juga cara mengatasi lovebird macet bertelur
Kemudian agar loverbird tetap sehari, setiap pagi saya mengganti minumannya dengan air matang. Tempat minum dibersihkan terlebih dahulu, kemudian baru diisi dengan yang baru. Saya tidak memakai produk vitamin-vitamin yang dijual di toko lovebird. Setelah lovebird bertelur, saya menyediakan jagung muda setiap harinya. Setelah indukan loverbid memasuki masa mengerami telur, saya hentikan pemberian extra fooding lain seperti jagung.
Jadi kesimpulan cara agar lovebird cepat bertelur adalah yang pertama kita lakukan harus menaikkan birahi lovebird. Setelah lovebird birahi, lovebird akan kawin. setelah beberapa hari dari perkawinan, biasanya 8 hari lovebird akan bertelur. Pemberian sayuran kangkung sangat efektif untuk meningkatkan birahi lovebird.

0 comments:

Posting Komentar