Jumat, 04 November 2016

4 Penyebab Anakan Lovebird Mati di Glodok

Abdullah Yatmono

Hallo sobat petani sukses, masih seputar penangkaran lovebird. Pada awal saya menangkarkan lovebird anakan pada usia 21 hari mati di dalam glodok. hal tersebut mungkin kesalahan saya karena saya sering membuka glodok untuk melihat anakan. Padalah anakan tersebut akan saya jual agar bisa balik modal dari pembelian indukan.
Kemudian saya bercerita kepada teman-teman peternak lovebird di grup Facebook. Memang bagi pemula yang tidak sabaran akan sering melihat perkembangan lovebird di dalam glodok. Banyak masukan dari teman-teman di grup facebook mengenai penyebab anakan lovebird mati di glodok seperti berikut ini :
4 Penyebab Anakan Lovebird Mati di Glodok
1. Sering membuka glodok untuk melihat perkembangan lovebird
Selama lovebird meloloh anakanya, sebaiknya jangan sering dibuka untuk melihat anaknya. Ada tipe lovebird yang mudah stres ketika glodok di buka. Bisa jadi dikira akan mengancam keselamatan anaknya. Jika indukan lovebird sudah stres maka ada yang tidak mau lagi meloloh anaknya.
2. Suasana di sekitar kandang lovebird tidak kondusif
Contoh suasana yang tidak kondusif saat lovebird meloloh anaknya adalah suasana ramai atau gaduh. Hal ini bisa membuat lovebird stres.

3. Pakan yang kurang berkualitas
Selama indukan meloloh piyikan kita harus menyediakan jagung muda setiap harinya. Idealnya jagung muda diganti setiap dua hari sekali. Harus diganti karena jagung muda ini mudah basi dan akan kisut (menyusut). Pakan lain seperti mileh putih dan kenari set tetap berjalan. Pakan dari kenari set harus lebih banyak dari milet putih. Fungsi kenari set ini hampir sama dengan jagung muda yaitu agar piyikan lebih cepat besar dan gemuk.
4. Piyikan sakit
Kemungkinan piyikan atau anakan lovebird sakit. Biasanya piyikan sakit berasal dari makanan atau minuman. Jadi selama lovebird meloloh piyik setiap pagi hari minumannya harus diganti. Minuman juga harus dari air yang sudah matang agar bebas dari bakteri. Kemudian air yang sampai dua hari dimungkinkan sudah terkontaminasi bakteri sehingga tidak sehat bagi anakan. Baca juga Pakan Ternak Lovebird yang Murah dan Berkualitas

Itulah 4 penyebab anakan lovebird mati di glodok. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman senusantara. Semoga breeding lovebirdnya bisa sukses. Semakin banyak pengalaman usaha kita akan semakin sukses. Pesan saya adalah pahami lovebird yang Anda ternak. Bagaimana tingkahnya dan bagaimana perlakuan yang harus kita berikan. Jika sudah paham dengan lovebird kita, insyaAllah akan berhasil.

0 comments:

Posting Komentar