Minggu, 09 Oktober 2016

Ukuran Kandang Penangkaran Lovebird yang Baik

Abdullah Yatmono

Ukuran kandang penangkaran lovebird dari sangkar kotak yang baik adalah ukuran 60 cm x 40 cm x 40 cm. Yang artinya panjang 60 cm, tinggi 40 cm dan lebar 40 cm. Kita juga bisa membelinya di pasaran. Sangakar tersebut terbuat dari besi. Ada berbagai merek seperti merek Best One, Sweet, BnR, Boom, dan sebagainya. Merek-merek tersebut mempunyai harga yang berbeda, tinggal memilih yang sesuai dengan keinginan Anda. Rata-rata harga sangkar kotak untuk ternak lovebird Rp130.000 hingga Rp150.000. Satu paket kandang kotak tersebut sudah tersedia tempat makan, tempat minum, dan tempat tangkringan burung. Anda juga harus membeli glodok sebagai tempat bertelur lovebird. Harga glodok biasanya Rp20.000 hingga Rp30.000.
Berikut gambar sangkar kotak ukuran 60 cm x 40 cm x 40 cm.
Ukuran Kandang Penangkaran Lovebird yang Baik

Ukuran Kandang Penangkaran Lovebird yang Baik
Jika Anda ingin membuat kandang lovebird sendiri, Anda bisa membeli kawat galvanis yang hijau atau yang putih. Kita tinggal menyediakan kayu, paku, dan kawatnya. Satu rool kawat galvanis yang hijau di tempat tinggal saya seharga Rp115.000. Bisa untuk dua kandang yang cukup besar. Jadi kalau membuat sendiri saya rasa lebih hemat. Namun jika dilihat dari kualitasnya lebih bagus kandang kotak yang dari besi karena lebih awet dan rapi juga.

Ukuran kandang koloni

Untuk ukuran kandang koloni lovebird sebenarnya tidak ada yang baku. Yang penting kandangnya besar dan cukup dihuni oleh banyak lovebird. Artinya disini ruang gerak lovebird lebih luas dibandingkan kandang penangkaran yang kotak. Teman-teman saya yang memiliki kandang ternak koloni rata-rata ukurannya 2 m x 1,5 m x 2 m. Kadang ukuran ini bisa menampung 10 pasang hingga 15 pasang lovebird. Kalau kita membuat kandang koloni memang sangat terjangkau harganya dibandingkan kita membeli satu kotak sangkar untuk setiap pasang. Kalau kita mempunyai 10 pasang saja kemudian kita beli kandang kotak sebanyak 10 buah maka modal membeli kandang kotak sudah mencapai Rp1.500.000. Kalau modal membuat kandang koloni paling-paling membutuhkan biaya Rp600.000 hingga Rp800.000. Sangat besar sekali bukan perbandingan biayanya?

0 comments:

Posting Komentar