Kamis, 27 Oktober 2016

Proses Penjodohan Lovebird dan Berapa Lama Lovebird Berjodoh

Abdullah Yatmono

Sebelumnya saya sudah pernah membuat artikel cara menjodohkan lovebird. Proses penjodohan lovebird bisa dibilang gampang-gampang tapi susah. Pada intinya agar lovebird cepat jodoh kita harus menaikkan birahi kedua lovebird jantan dan betina terlebih dahulu. Cara yang mudah untuk meningkatkan birahi lovebird adalah dengan pemberian pakan extra fooding berupa sayuran kangkung.
Banyak teman saya yang menjodohkan lovebird dalam hitungan satu jam atau dua jam didekatkan sudah berjodoh. Menurut teman saya caranya juga dengan menaikkan birahi lovebird dahulu dengan pemberian kangkung. Jadi selama satu minggu lebih, burung yang akan kita jodohkan diberi pakan tambahan berupa sayuran kangkung. Sebaiknya kangkung yang masih segar. Kangkung bisa dipotong-potong atau dibiarkan saja tanpa dipotong-potong.
Proses Penjodohan Lovebird dan Berapa Lama Lovebird Berjodoh
Setelah kita melihat adanya perubahan tingkah laku pada kedua lovebird, bisa Anda baca ciri-ciri lovebird jantan birahi. Setelah keduanya birahi kemudian kita jodohkan. Cara menjodohkan yang paling mudah adalah dengan menempelkan kandang lovebird betina dan jantan. Proses pendekatan bisa dilakukan terus. Bisa kita amati setelah kandang didekatkan. Misalnya selama setengah jam setelah di dekatkan, maka lovebird jantan atau betina yang jodoh akan saling mendekat. Terkadang salah satu lovebirdnya malu-malu.
Lovebird jantan biasanya akan menunjukan kebolehannya untuk merayu si betina. misalnya dengan manggut-manggut atau dengan mengeluarkan suara yang khasnya. Setelah beberapa jam didekatkan, jika kedua lovebird tersebut sudah saling mendekat dikandangnya maka kemungkinan besar proses penjodohan lovebird BERHASIL.
Tapi terkadang ada lovebird yang malu-malu. Misalnya sampai setengah hari ada perubahan yang sedikit, kandang lovebird bisa ditempelkan terus. Usaha penjodohan lovebird ada yang sampai tiga hari. Jadi sobat jangan menyerah ketika sedang menjodohkan lovebird. Memang gampang tapi agak susah. Susahnya kalau sedang tidak berjodoh. Kita jadi pusing hehehe.
Tanda-tanda lovebird tidak berjodoh
Contoh tanda-tanda lovebird tidak berjodoh adalah salah satu lovebird terlihat ketakutan. Misalnya ingin keluar dari kandang. Salah satu lovebird tidak merasa tenang dan sebagainya. Jika sudah tiga hari kandang didekatkan selalu demikian, maka lovebird sudah dipastikan tidak berjodoh. Selain dengan cara mendekatkan kandang, penjodohan lovebird bisa dimasukan dalam kandang koloni. Tapi kita membutuhkan lovebird yang cukup banyak, jadi menurut saya kurang efisien baik dari segi modal.
Berapa lama lovebird berjodoh

Selama seumur hidupnya lovebird akan selalu berjodoh. Jika salah satu lovebird ada yang meninggal atau kabur, maka lovebird bisa dijodohkan dengan pasangannya yang baru. Oya masa hidup lovebird ini bisa bertahan sampai 24 tahun lho. Termasuk burung yang usianya sangat lama. 

0 comments:

Posting Komentar