Sabtu, 22 Oktober 2016

Persilangan Lovebird Untuk Menghasilkan Anakan Yang Bagus

Abdullah Yatmono

Untuk menghasilkan anakan lovebird yang bagus dan bervariasi kita harus memilih indukan yang bagus juga. Misalnya saat ini di pasaran, anakan lovebird lutino dan biru mangsi atau violet memiliki harga yang cukup tinggi dan paling stabil. Untuk itu kita mencoba agar hasil ternak kita memiliki anakan lutino dan biru mangsi.
Dari hukum Mendel tentang Pewarisan Sifat menjelaskan bahwa indukan akan mewariskan sifat kepada anaknya. Jadi kalau kita ingin memiliki anakan lutino yang banyak, kita harus memiliki sepasang indukan lutino atau salah satu indukannya adalah lutino.

persilangan lovebird yang bagus
indukan warna pastel biru (kiri) dan biru mangsi (kanan)
Sebagai contoh kita ingin hasil anakan lovebird kita jenis lutino dan biru mangsi. Kita bisa mencoba utak-atik Hukum Pewarisan Sifat dari Mendel.
Jika kita ingin menghasilkan anakan lutino dan biru mangsi dengan masing-masing peluang 50% lutino dan 50% biru mangsi kita harus memiliki indukan biru mangsi dan lutino. Entah jantan atau betinanya terserah yang biru mangsi ataukah lutino.
Fenotip :Biru mangsi (jantan) X (Lutino)
Genotip : BBbb X KKkk
Bb dan Kk
F1 : - BK  - Bk  - bK  -bk
Dari hasil persilangan di atas, ternyata peluang warna biru mangsi dan lutino memiliki persentase 75%. Kemudian yang 25% dari warna lain. Kemungkinan yang 25% bisa dari hasil pewarisan sifat indukan sebelumnya. Atau kita bisa mengenal istilahnya keturunan kakeknya warna apa sebelumnya?
Memang kita ketahui bahwa persilangan biru mangsi dan lutino bisa saja menghasilkan anakan warna hijau standar atau warna lovebird pastel kuning. Namun persentasi dari warna hijau standar dan pastel kuning tersebut peluangnya 25%.
Jadi kesimpulan persilangan lovebird untuk menghasilkan anakan yang bagus adalah kita sendiri yang mencari indukan yang bagus juga. Jika kita menginginkan kualitas dari warnanya, kita harus memiliki kualitas warna indukan yang bagus. Misalnya lagi warna lovebird yang harganya masih tinggi adalah albino, batman, dan paling mahal saat ini adalah jenis biola.

0 comments:

Posting Komentar