Sabtu, 22 Oktober 2016

Persilangan Lovebird Agar Menjadi Lutino

Abdullah Yatmono

Jika kita ingin memiliki anakan lovebird lutino, maka indukan lovebird sebaiknya dari jenis lutino. Memang terkadang indukan yang warnanya pastel kuning ataupun hijau standar bisa saja menghasilakan anakan warna lutino. Akan tetapi peluang tersebut sangatlah kecil. Hal ini bisa saja terjadi karena keturunan sebelumnya atau kakeknya bisa jadi warna lutino.
Lovebird lutino sempat ngetrend banget di tahun 2008-2010. Harga seekor lutino waktu itu mencapai Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000. Namun saat ini harga lovebird sudah turun tapi tidak turun drastis. Harga lutino rata-rata dipasaran yang usia dewasa Rp600.000 hingga Rp700.000. Warna lutino memiliki ciri khas, yaitu warna kuning  ditubuhnya dan kepala hingga leher berwarna merah keemasan. Untuk lebih lengkapnya berikut pembahasan ciri-ciri lovebird lutino.

Persilangan Lovebird Agar Menjadi Lutino

Persilangan Lovebird Agar Menjadi Lutino
lovebird lutino
Kalau ditinjau secara ilmu biologi yang dikenal dengan Hukum Mendel atau Hukum Pewarisan Sifat, kita bisa tahu silsilah keturunan tersebut. Misalnya jika kita ingin hasil penangkaran lovebird kita menghasilkan anakan lutino ya indukannya harus berwarna lutino. Mari kita simak penjelasan hukum mendel
Fenotip : Lutino (jantan) X lutino (betina)
Genotip : LL x ll
F1 : Ll dan Ll
Maka anakan yang dihasilkan adalah Ll dan Ll atau 100% lutino. Tapi di lapangan memiliki fakta yang berbeda. Artinya hukum tersebut tidak murni 100% benar terus. Tapi kebanyakan anakan yang keluar dari indukan yang berwarna lutino semua memiliki keseringan anakan yang keluar adalah lutino. Mungkin ada orang yang mengeluhkan bahwa indukan lutino malah yang keluar warna hijau standa yang harganya relatif murah.
Bagaimana jika salah satu indukannya yang berwarna lutino?
Peluang dari indukan yang salah satu induknya baik jantan atau betina yang berwarna lutino bisa menghasilkan anaka lutino. Peluang tersebut 50%. Cukup menarik bukan? Misalnya saya memiliki indukan warna lutino (jantan) dengan warna dakocan (betina). Makan anakan yang dihasilkan adalah warna lutino 50% dan warna dakocan 50 %. Warna ini yang paling sering muncul.
Mungkin di lapangan berbeda lagi. Misalnya indukan warna lutino dengan dakocan menetaskan empat ekor anakan. Bisa jadi 3 ekor anakan berwarna lutino dan 1 ekor anakan berwarna dakocan. Bisa juga yang 3 ekor anakan berwarna dakocan atau malah 1 ekor anakan berwarna lutino. Memang burung lovebird terkenal burung yang unik. Seringkali para breeder atau penangkar salah penafsiran anakan yang keluar tidak sesuai dengan warna indukannya.

0 comments:

Posting Komentar