Senin, 24 Oktober 2016

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina

Abdullah Yatmono

Banyak orang yang bertanya bagaimana cara membedakan lovebird jantan dan betina. Saya akan mengajarkan bagaimana memprediksi antara lovebird jantan dan betina. Ini hanya prediksi atau dugaan kuat. Teman saya sendiri yang sudah lama memelihara atau beternak lovebird sudah 6 tahun pun belum berani memastikan apakah lovebird tersebut jantan atau betina.
Para master ternak lovebird banyak yang mengatakan jenis kelamin jantan dan betina pada lovebird susah diprediksi. Banyak yang prediksinya meleset. Berbeda dengan burung lain seperti burung merpati yang sangat mudah ketahui jantan dan betinanya.
perbedaan lovebird jantan dan betina paling mudah terletak pada bagian ekor dan warna
Dilihat dari ukuran badan
Untuk memastikan jenis kelamin jantan dan betina pada lovebird adalah yang sudah pernah produk. Jadi itu sudah pasti kita bisa menebak jenis kelamin jantan dan betinanya. Secara umum, lovebird yang sudah pernah produk, lovebird jantan ukurannya lebih kecil dibandingkan lovebird betina. Kemudian warna lovebird jantan pada lehernya terlihat lebih kemilau. Sedangkan warna lovebird betina pada bagian leher dan sayap seperti biasa atau tidak berkilau. Cara menjodohkan lovebird secara koloni
Dilihat dari bentuk ujung sayap
Pada ujung sayap lovebird betina tidak menyatu atau tidak bertemu. Ketika lovebird betina sedang rileks atau sedang nangkring di kandang, bagian ujung sayap tidak menyilang atau tidak menyatu. Pada lovebird jantan, ujung sayapnya menyilang atau menyatu. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di atas.
Lovebird jantan memiliki sifat yang khas, yakni sering mengangguk jika mau kawin. Kemudian lovebird jantan juga sering meloloh lovebird betina. Jadi kalau Anda pemula yang ingin ternak lovebird, sebaiknya membeli lovebird yang sudah pernah produksi. Kemudian membelinya kepada peternak yang sudah terpercaya.
Banyak kasus orang yang dibodohi. Ada yang mengatakan lovebird sepasang ternyata lovebirdnya betina semua. Memang pada lovebird ini sangat unik. Betina dengan betina bisa menghasilkan telur. Namun telur tersebut tidak bisa menetas atau infertil. Jadi berhati-hatilah. Kemudian sebelum membeli lovebird, bisa gabung terlebih dahulu dengan grup di facebook atau cari komunitas lovebird. Kalau membeli di komunitas pasti aman dari pembodohan atau penipuan.

0 comments:

Posting Komentar