Jumat, 28 Oktober 2016

Penyebab Lovebird Mencabuti Bulu dan Cara Merawat Menumbuhkan Bulu Lovebird

Abdullah Yatmono

Ada pertanyaan dari teman-teman di grup facebook lovebird mania mengenai penyebab lovebird yang mencabuti bulunya dan bagaimana cara mengatasinya. Bagian tubuh yang sering dicabuti bulunya adalah bagian leher dan dada. Menurut saya pribadi sebagai penulis di petanisukses.com ada dua faktor yang sangat berpengaruh. Kedua faktor tersebut adalah sebagai berikut :
Penyebab Lovebird Mencabuti Bulu Dan Cara Merawat Menumbuhkan Bulu Lovebird
1. Lovebird mengalami stress
Ciri-ciri lovebird yang stress antara lain adalah tidak tenang ketika di dalam sangkar dan mencabuti bulu di sekitar dada tau leher. Ketika lovebird yang sedang over birahi artinya lovebird ingin mencari pasangannya. Tapi kita sebagai breeder membiarkannya saja. Untuk itu kita harus menurunan birahi lovebird. Caranya adalah dengan memandikan lovebird pada pagi hari atau sore hari. Kemudian jangan diberikan makanan tambahan seperti kangkung, tauge, dan kwaci.
2. Terdapat banyak kutu
Pada bulu lovebird yang memiliki banyak kutu biasanya akan terasa gatal. Jika di tubuh lovebird terlalu banyak, maka lovebird bisa merasa kepanasan dan ingin mencabuti bulunya. Cara mengatasi hal tersebut pertama kita bersihkan kandangnya. Kandang yang bersih akan meminimalisir kutu dan bakter. Kalau ada glodok, bersihkan bagian dalam glodok bekas sarangnya. Kemudian glodok di jemur. Sering memandikan lovebird pada waktu pagi kemudian dijemur selama satu jam sampai dua jam.
Cara merawat lovebird yang sedang cabut bulu
Cara merawatnya sudah saya singgung di atas, yaitu sering dimandikan dan menjaga kebersihan kandangnya. Kemudian cara untuk menumbuhkan bulu lovebird dengan cepat adalah pada bagian tubuh yang gundul bisa diolesi dengan minyak zaitun. Minyak zaitun sangat bagus dalam merangsang tumbuhnya bulu lovebird. Kalau dibiarkan saja juga akan tumbuh bulu dengan sendirinya, namun agak lama. Pemberian minyak zaitun akan lebih cepat tumbuh bulu dan bulu yang tumbuh akan lebih bagus an berkilau.

0 comments:

Posting Komentar