Minggu, 09 Oktober 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Ngantuk

Abdullah Yatmono

Mengatasi lovebird ngantukan - Pada dasarnya, burung lovebird yang sehat adalah terlihat lincah dan sering bersuara. Jika burung lovebird kita di kandang terlihat sering ngantuk, bisa terindikasi lovebird kita sedang sakit. Bisanya burung yang sakit ini kurang lincah dan pada waktu siang hari sering diam di pojok sangkar atau di pojok tangkringan.
Ciri-ciri lovebird ngantukan :
1. Ciri utamanya adalah lovebird sering terlihat seperti tidur pada waktu pagi hari atau siang hari
2. Gerakan tidak lincah
3. Sering mojok atau tidur di ujung tangkringan dekat dengan dinding kandang
4. Nafsu makan menurun
5. Jarang berbunyi
Penyebab lovebird sering ngantuk
Jika burung lovebird kita sering terlihat ngantuk, segera kita tangani. Lovebird kita pegang kemudian kita cek apakan dada lovebird kita “NYILET” ataukah tidak. Namun rata-rata lovebird yang ngantukan cenderung nyilet. Artinya burung lovebird kita kurus. Biasanya lovebird yang nyilet ini pada bulunya tidak halus dan cenderung sering diam dan ngantukan.
Cara mengatasi lovebird yang sering ngantuk atau ngantukan
Kita segera memberikan vitamin tambahan pada lovebird kita. Contoh vitamin lovebird yang banyak dijual adalah vitamin lovebird dari Ebod Jaya yang tersedia di Toko Burung. Selain vitamin yang biasa dicampur pada minumannya. Kita berikan Extra Fooding atau makanan tambahan. Contoh makanan tambahan yang bisa menggemukan lovebird adalah jagung muda. Pemberian jagung muda bisa dilakukan setiap hari sampai lovebird tidak nyilet atau sampai dada lovebird tidak nyilet. Selain jagung muda, bisa diberikan tauge selama seminggu bisa diberikan dua kali atau tiga kali. Selain tauge juga ada kwaci yang bisa diberikan dua kali dalam seminggu. Jika diberikan berlebihan maka akan membuat birahi lovebird naik.
Perawatan lainnya adalah setiap hari air minum lovebird harus diganti. Misalnya diganti setiap pagi hari. Terkadang, air yang jarang diganti sering menimbulkan penyakit pada lovebird.
Pada pagi hari, lovebird yang ngantukan bisa dijemur pada jam 8 pagi hingga jam 9.30. sebelum dijemur, lovebird bisa dimandikan dengan semprotan. Jangan sampai basah kuyup. Setelah dijemur, lovebird bisa angin-anginkan atau dimasukan ke dalam rumah kembali. Jika hal ini rutin dilakukan selama satu minggu atau dua minggu. Lovebird akan kembali lincah dan tidak ngantukan.

0 comments:

Posting Komentar