Jumat, 28 Oktober 2016

Mengapa Lovebird Kawin tapi tidak Bertelur

Abdullah Yatmono

Menjawab pertanyaan yang ada di internet, ada lovebird sudah kawin tapi belum bertelur. Mengapa demikian?
Secara normal, setelah lovebird kawin 8 hari hingga 10 hari kemudian lovebird akan bertelur. Setelah kawin, lovebird biasanya akan membuat sarang. Jadi kalau kita melihat sepasang lovebird kita sudah kawin, maka kita segera meletakan serutan kayu atau serutan bambu untuk sangkar lovebird.
Lovebird Kawin tapi tidak Bertelur
Kemungkinan yang pertama
Terkadang sekali perkawinan lovebird belum tentu berhasil. Saya akan mencoba mengambil contoh jika kita akan mengawinkan seekor kambing betina dengan jantan sekali, belum tentu betina akan hamil dalam satu kali perkawinan. Demikian juga lovebird, belum tentu berhasil untuk satu kali perkawinan. Jadi butuh beberapa kali perkawinan agar sel jantan lovebird bisa membuahi sel telur.
Kemudian, setelah kita melihat lovebird sudah kawin kita perhatikan pakan lovebird. Selama mau bertelur, lovebird membutuhkan banyak protein. Misalnya diberikan makanan tambahan jagung muda atau tauge. Tauge dan kangkung bisa merangsang hormon lovebird agar mau kawin dan merangsang sel telur bisa cepat dibuahi. Jika sel telur sudah dibuahi maka akan terbentuk telur di dalam rahim.
Kemungkinan yang kedua
Prediksi yang kedua adalah lovebird sepasang kita ternyata jenis kelaminnya jantan semua. Jadi pada lovebird ada yang betina dengan betina berpasangan dan jantan dengan jantan bisa berpasangan. Nah jika sudah kawin terus di tunggu dua bulan belum bertelur, kemungkinan besar lovebirdnya jenis kelaminnya jantan semua.
Kemungkinan yang ketiga

Salah satu pasangan lovebird usianya masih sangat muda. Misalnya usia 7 bulan lovebird sudah dipasangkan. Kasus yang usia 7 bulan tidak bisa bertelur memang banyak. Jadi kita periksa dulu apakah lovebird kita usianya masih muda atau sudah mapan. Kalau usia mapan atau usia yang siap dikawinkan adalah usia 10 bulan atau 1 tahun.

0 comments:

Posting Komentar