Selasa, 25 Oktober 2016

Ciri Lovebird Jantan Birahi atau Siap Kawin

Abdullah Yatmono

Jika lovebird jantan kita sudah birahi artinya, lovebird tersebut mau kawin. Sama halnya pada ayam atau pada kambing yang mau kawin memiliki tingkah laku yang unik dan berbeda dari biasanya. Hal yang ditunggu-tunggu dari para peternak adalah lovebird sudah mau kawin lagi sehingga akan bertelur dan menghasilkan anakan.
Ciri Lovebird Jantan Birahi atau Siap Kawin
lovebird jantan sedang latihan kawin
Ciri-ciri lovebird jantan yang sedang birahi berbeda dengan lovebird betina. Berikut beberapa ciri lovebird jantan yang belum dijodohkan yang pernah saya lihat dan ketahui :
1. Lovebird jantan sering menggesek-gesekan bagian anusnya pada tangkringannya. Hal tersebut merupakan latihan lovebird jantan ketika kawin. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di atas. Lovebird jantan akan memasuki masa birahi pada usia 8 bulan. Namun usia 8 bulan ibaratnya belum dewasa penuh, jadi tidak perlu segera dicarikan pasangannya. Karena indukan yang masih muda akan menghasilkan anakan yang kurang bagus.
2. Lovebird jantan yang belum ada jodohnya biasanya sering “ngeruji” atau sering bertengger pada dinding kandang. Di dalam kandang lovebird tidak tenang. Terlihat ingin kabur dari kandang.
3. Ketika mendengan suara lovebird betina yang lain, lovebird jantan kelabakan ingin keluar dari kandang. Kemudian lovebird jantan ikut menyahut suara betina.
Ciri-ciri lovebird jantan yang sudah berjodoh ketika sedang birahi
Akan terlihat hal yang unik dan lucu ketika lovebird jantan yang sedang birahi. Lovebird jantan akan merayu lovebird betina, berikut ulasannya :
1. Lovebird jantan akan menyuapi atau meloloh lovebird betina. Jadi yang jantan mengambil makanan kemudian dicerna sebentar oleh sang jantan kemudian disuapkan di lovebird betina.
Ciri Lovebird Jantan Birahi atau Siap Kawin
2. Lovebird jantan akan menempel terus kepada lovebird betina. Jadi yang jantan akan bertengger bareng dengan yang betina.

3. Setelah lovebird betina berhasil dirayu oleh lovebird jantan, maka lovebird betina akan membuka sayapnya. Kemudian lovebird jantan akan mengawini lovebird betina. Setelah terjadi perkawinan, kita tinggal menunggu lovebird betina bertelur. Rentang hari setelah kawin, lovebird biasanya akan bertelur pada hari ke 8 atau hari ke 9. Selama lovebird sedang dalam bertelur, perhatikan makanannya. 

0 comments:

Posting Komentar