Minggu, 30 Oktober 2016

Ciri Lovebird Betina Minta Kawin atau Over Birahi

Abdullah Yatmono

Selain burung jantan yang sering mengalami over birahi, ternyata lovebird betina juga demikian. Tanda-tanda lovebird betina yang sedang birahi hampir sama dengan lovebird jantan. Bisa menjadi masalah jika lovebird betina sebagai jagoan kita yang mau diikutkan lomba mengalami over birahi. Pada master lovebird sebelum ikut melombakan lovebird betinanya mereka memperhatikan apakah lovebirdnya sedang birahi atau tidak. Karena kalau sedang birahi diikutkan lomba maka lovebird tidak mau berbunyi. Ketika burung sedang birahi, maka birahinya harus diturunkan agar bisa stabil kembali.

Ciri Lovebird Betina Minta Kawin atau Over Birahi
Berikut ini tanda atau ciri-ciri lovebird betina yang over birahi atau minta kawin.
1. Burung yang tadinya rajin berbunyi malah sekarang jarang rajin berbunyi. Lebih banyak diam atau tidak berbunyi daripada biasanya.
2. Sering menggesek tangkringannya atau mengawini tangkringan.
3. Pada lovebird yang sedang meloloh anaknya, maka anaknya tidak diloloh atau dibiarkan saja. Hal ini bisa menyebabkan anakan lovebird mati. Sebaiknya harus segera diambil. Waktu yang baik untuk mengambil anakan lovebird adalah pada usia 15 hari hingga 21 hari.
4. Lovebird betina sering mencabuti bulu pada bagian dada, tapi tidak sering.
5. Lovebird betina terlihat ingin keluar dari kandang. Mungkin ingin bertemu dengan lovebird jantan lainnya. Jadi terlihat lebih agresif di dalam kandang seperti tidak mau tenang.
Cara mengatasi lovebird betina yang sedang minta kawin atau over birahi :
1. Menghentikan pemberian jagung muda, sayuran kangkung, tauge, dan kwaci. Jenis-jenis makanan tersebut dapat meningkatkan birahi lovebird. Untuk itu harus memberhentikan sementara. Jadi cukup diberikan milet putih dengan kanari set dengan takaran 2 banding 1.
2. Setiap hari burung dimandikan. Misalnya setiap pagi pada pukul 7 burung dimandikan kemudian dilakukan penjemuran selama 1 jam. Jika Anda memiliki waktu, pada sore hari burung dimandikan tapi jangan sampai basah kuyup. Misalnya cukup dilakukan pengembunan saja.
3. Burung ditempatkan di kandang umbaran. Fungsi kandang umbaran ini akan membuat lovebird bisa terasa terbang bebas karena kandangnya yang luas.

0 comments:

Posting Komentar