Rabu, 26 Oktober 2016

Ciri-Ciri Lovebird Tidak Jodoh dan Cara Mengatasinya

Abdullah Yatmono

Berikut akan saya bahas tentang ciri-ciri lovebird tidak jodoh dan bagaimana cara mengatasi lovebird yang tidak jodoh. Bagi pemula atau peternak yang masih baru tentu merasa kesal sekali lovebird yang kita jodohkan ternyata tidak berjodoh. Terkadang ada lovebird yang terlihat jodoh seperti saling menyuapi atau meloloh ternyata beberapa hari kemudian saling bertengkar dan kejar-kejaran.
Ciri-Ciri Lovebird Tidak Jodoh dan Cara Mengatasinya
lovebird terlihat takut ketika didekati lovebird jodohannya
Sebenarnya sebelum kita menjodohkan lovebird, kita prediksi dahulu kalau lovebirdnya jantan dan betina. kalau tidak paham bisa dibaca cara membedakan lovebird jantan dan betina. Kalau kita membeli lovebird yang sudah dijamin duda atau janda lovebird kita bisa pastikan jenis kelamin jantan atau betinanya. Sekarang kita tinggal menaikkan birahi kedua lovebird tersebut. Caranya adalah dengan memberikan pakan tambahan atau Extra fooding seperti sayuran kangkung. Sayuran kangkung bisa meningkatkan birahi burung lovebird. Jika masing-masing sudah birahi maka sangat mudah untuk kita jodohkan.
Lebih jelas ciri-ciri lovebird tidak jodoh seperti berikut ini :
1. Kandang lovebird jantan dan betina di dekatkan namun tidak ada reaksi saling mendekat. Kemudian salah satu lovebird malah ingin terbang seperti rasa ketakutan dengan lovebird lain disampingnya.
2. Ketika lovebird jantan dan betina dimasukan dalam satu kandang, kedua lovebird tersebut saling kejar-kejaran dan mematuk salah satunya. Hal seperti ini jelas tidak jodoh.
3. Kedua lovebird tidak mau tinggal bareng di dalam glodok (tempat lovebird bertelur).
4. Kedua lovebird tidak terlihat saling menyuapi atau saling meloloh makanan.
5. Ketika berada dalam satu kandang, salah satu lovebird tidak tenang dan terlihat takut.
Cara mengatasi lovebird yang tidak jodoh
Menurut para master lovebird yang sudah berpengalaman. Katanya dalam menjodohkan lovebird sangatlah mudah. Pada intinya adalah meningkatkan birahi lovebird jantan dan betina. jadi selama hampir satu minggu, keduanya diberi sayuran kangkung setiap hari. Setelah terlihat adanya tanda-tanda birahi dari kedua lovebird tersebut bisa langsung kita dekatkan kandangnya.
cara mengatasi lovebird tidak jodoh
lovebird yang jodoh akan saling meloloh/ menyuapi
Jika kedua burung tersebut saling mendekat maka bisa dipastika keduanya akan berjodoh. Setelah itu bisa di tempatkan di kandang ternak. Sebenarnya cara yang paling mudah menjodohkan lovebird secara alami adalah di kandang koloni. Tapi kita harus memiliki lovebird jantan dan betina yang banyak sehingga masing-masing lovebird bisa memilih pasangannya.

0 comments:

Posting Komentar