Jumat, 07 Oktober 2016

Cara Menjodohkan Lovebird Beda Warna yang Paling Mudah

Abdullah Yatmono

Cara menjodohkan lovebird sangatlah mudah. Untuk menghasilkan keturnan dengan warna yang beraneka ragam atau warna yang bagus. Kita bisa melakukan penjodohan lovebird dengan beda warna. Misalnya warna kuning lutino dijodohkan dengan warna lovebird pastel ijo atau dakocan. Maka hasil anakannya juga berdeda warna. Kemungkinan bisa menghasilkan indukan warna green series atau biasa disebut juga warna blorok.
Berikut ini tahap-tahap cara menjodohkan lovebird beda warna :
1. Lovebird sudah berusia dewasa
Pastikan lovebird yang akan kita jodohkan sudah pada usia dewasa. Usia dewasa lovebird adalah 9 bulan. Namun usia yang paling baik untuk dijadikan indukan adalah pada rentang usia 10 bulan sampai 12 bulan. Usia seperti itu sudah matang.
2. Memilih warna lovebird
Kita pilih warna lovebird jantan dan betinanya yang beda warna. Misalkan kita ingin menjodohkan warna pastel kuning dengan warna hijau standar. Atau kita pilih warna kobal dikawinakn dengan warna pastel kuning. Warna biru mangsi jantan VS warna lutino, dakocan VS pastel putih, dan lain sebagainya.
Dengan alasan berbeda jenis warna antara jantan dan betina. Maka anakan yang dihasilkan juga akan beraneka ragam atau sesuai dengan warna kedua induknya masing-masing. Jadi misalnya ada tiga telur yang menetas setidaknya warna dari ketiga anakan berbeda-beda.
3. Membuat lovebird birahi
Lovebird yang sudah birahi akan mudah dijodohkan. Cara membuat lovebird menjadi birahi adalah diberikan sayuran kangkung selama empat atau tiga hari berturut-turut. Bisa juga diberikan kwaci atau sayuran tauge selama tiga hari sebelum dijodohkan. Setelah masing-masing lovebird sudah birahi, maka lovebird akan mudah dijodohkan.
Cara menjodohkan lovebird
Berikut ini ada dua cara menjodohkan lovebird yang paling mudah :
Cara Menjodohkan Lovebird Beda Warna
penjodohan secara koloni
1. Secara koloni
Lovebird dimasukan ke dalam kandang koloni dengan lovebird yang lainnya. Maka lovebird dengans sendirinya akan mencari pasangannya masing-masing. Jadi lovebird bisa memilih pasangannya. Cara menjodohkan lovebird secara koloni ini termasuk cara yang paling mudah. Jadi kita tidak perlu membuat birahi lovebird menjadi naik.
Cara Menjodohkan Lovebird Beda Warna
penjodohan dengan cara mendekatkan kandang
2. Mendekatkan kandang
Cara yang kedua adalah dengan mendekatkan kandang satu sama lain. Jadi kandang lovebird jantan didekatkan dengan kandang lovebird betina. Misalnya kita dekatkan selama setengah hari atau seharian. Jika lovebird sudah sama-sama suka maka lovebird akan saling mendekat satu sama lain. Setelah sudah sama-sama mendekat barulah kedua lovebird tersebut dimaksukan ke dalam kandang ternak.

0 comments:

Posting Komentar