Rabu, 12 Oktober 2016

Cara Menjinakan Lovebird Dewasa Yang Giras

Abdullah Yatmono

Cara menjinakan lovebird – Memiliki lovebird yang jinak adalah kebanggaan tersendiri bagi kita. Lovebird bisa kita latih seperti halnya burung nuri atau burung makau dari Afrika yang bisa melakukan atraksi. Kebanyakan burung lovebird yang dipelihara sejak kecil atau sejak umur 2 minggu maka lovebird kita bisa jinak. Sangat berbeda sekali jika anakan lovebird diloloh atau dipelihara oleh induknya, anakan cenderung mudah takut dengan manusia. Ketika kita mendekatinya, malah lovebirdnya tidak tenang.
Cara Menjinakan Lovebird Dewasa Yang Giras
Ada beberapa cara yang bisa membuat lovebird kita bisa jinak. Berikut selengkapnya:
1. Memandikan lovebird
Setiap pagi hari kita bisa memandikan lovebird sampai basah kuyup ataukah tidak. Caranya adalah bisa kita semprot dengan semprotan burung atau bisa kita pegang secara langsung. Dengan adanya interaksi demikian yang setiap hari, maka lovebird kita akan semakin jinak dan tidak takut lagi dengan kita.
2. Memberikan pakan dengan tangan
Ketika pakan sudah habis, kita berikan pakan dengan tangan kita. Tujuannya agar ada interaksi antara lovebird dengant tangan kita.
3. Mengelus-elus lovebird
Lovebird akan suka dengan usapan lembut kita, baik di bagian kepala atau dibagian tubuhnya.
4. Memelihara sejak kecil

Lovebird yang kita pelihara sejak kecil akan semakin mudah jinak dengan kita. Bahkan lovebird ini nantinya bisa bermain dengan kita. Kita tidak perlu takut lovebird kita akan terbang jauh. Ketika lovebird usia 2 minggu kita bisa mengambil dari indukannya kemudian kita “sepet” sendiri. Atau dalam bahasa lainnya kita meloloh anakan lovebird dengan alat suntikan.

0 comments:

Posting Komentar